Page 5 - CERITAKU; Cerita Rakyat Kalimantan Tengah
P. 5
SAMBUTAN
Jaya Kusuma, S.Pd.
Assalamualaikum Warahmatullahhi Wabarakatu
Salam Sejahtera bagi Kita Semua
Om Swastyastu
Namo Buddhaya
Salam Kebajikan
Adil Ka' Talino, Bacuramin Ka' Saruga, Basengat Ka'Jubata
Kemampuan menulis cerita merupakan salah satu keterampilan
yang harus dimiliki dan dikuasai oleh seorang guru. Guru merupakan
ujung tombak dalam mendidik karakter kepada peserta didik di
sekolah. Di dalam cerita khususnya cerita rakyat, banyak sekali
pendidikan karakter yang dapat diteladani oleh siswa dan seorang
guru diharapkan mampu menggali kemampuan tersebut. Melalui
cerita rakyat guru dapat berkomunikasi dengan baik kepada siswanya
untuk menyampaikan pesan pendidikan dengan mudah.
Cerita rakyat selain menarik bagi peserta didik juga sarat akan
nilai dan budaya. Metode penelitian kepustakaan digunakan dalam
mendalami pendidikan karakter peserta didik melalui cerita rakyat.
Menggunakan cerita rakyat sebagai pembentuk karakter dalam diri
anak lebih mudah diterima dan jauh dari kesan pemaksaan. Karakter
anak dapat terbentuk dari pesan-pesan baik tersirat maupun tersurat
dalam cerita serta melalui tingkah laku tokoh yang digambarkan
dalam cerita.
Kalimantan Tengah merupakan daerah yang kaya sekali akan
budayanya. Jika mendengar kata “Kalimantan” tentu tidak terlepas
iv