Page 122 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 122
Ilham Darwin Putera |
Bahkan, berdasarkan beberapa artikel penelitian telah
membuktikan bahwa banyak sekali penggunaan media
aplikasi pesan instan tersebut dimanfaatkan untuk proses
pembelajaran yang mengadopsi e-learning. Beberapa
penelitian itu seperti keefektifan penggunaan aplikasi
telegram dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris di Iran
(Xodabande, 2017). Kemudian penelitian serupa, namun
lebih berfokus kepada kemampuan berbahasa Inggris yaitu
reading dilakukan oleh Momani (2020). Hasil penelitian
tersebut menyatakan pada dasarnya penggunaan sosial
media telegram memiliki pengaruh yang cukup besar dalam
meningkatkan keterampilan para siswa dalam membaca,
karena didukung berbagai fitur yang ada di dalam aplikasi
tersebut. Hal tersebut memang tidak dapat dipungkiri
karena sejak beberapa tahun yang lalu, teknologi memang
dapat memberikan pengaruh dalam dunia pendidikan.
Sebelum era Society 5.0 yang dideklarasikan oleh negara
Jepang (Potočan et al., 2020). Fifit (2020) dalam
penelitiannya menyebutkan beberapa kelebihan aplikasi
Telegram dalam media komunikasi, antara lain:
1. Pesan yang bersifat pribadi dapat dienkripsi, sehingga
terjaga kerahasiaan isinya;
2. Berbasis cloud, sehingga telegram memungkinkan untuk
diakses dari berbagai perangkat;
3. Telegram mampu mengirim pesan dengan cepat;
4. Servernya tersebar di berbagai negara;
5. Aplikasinya dapat diunduh gratis, dan
6. Tanpa iklan.
Dari hasil riset yang dilakukan oleh Potočan (2020)
bahwa peran fitur yang ada dari telegram sudah sangat
113