Page 81 - Statistika Parametrik Panduan Praktis Pengujian Hipotesis Dalam Penelitian Kuantitatif
P. 81
Langkah 3 : Menentukan nilai t tabel pada derajat bebas (n1+n2-2) taraf
signifikansi 5%
Dari tabel t sebagaimana dalam lampiran, diperoleh nilai t tabel pada
derajat bebas (37 + 39 – 2) atau db = 74 dan taraf signifikansi 5% atau α
= 0,05, diperoleh nilai
t tabel = 1, 667
Langkah 4 : Membandingkan nilai t hitung dengan t tabel untuk menarik
Kesimpulan.
Dari langkah 3 di atas diperoleh t hitung = 1,01 dan t tabel = 1,667
Maka diperoleh t hitung < t tabel, sehingga Ho tidak ditolak. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa Ho yang berbunyi Rata-rata
prestasi belajar matematika peserta didik yang berasal dari SMP
negeri tidak lebih tinggi dari rata-rata prestasi belajar matematika
peserta didik yang berasal dari SMP swasta,
Langkah 5 : Melakukan interpretasi
Dari beberapa langkah analisis di atas dapat disimpulkan bahwa,
pada populasi rata-rata prestasi belajar matematika peserta didik yang
berasal dari SMP negeri tidak lebih tinggi dari rata-rata prestasi belajar
matematika peserta didik yang berasal dari SMP swasta. Dengan demikian
hipotesis penelitian ini TIDAK TERBUK TI KEBENARANNYA.
Perhitungan-perhitun gan di atas juga dapat dilakukan dengan bantuan
komputer program Microsoft Excell, dengan langkah-langkah sebagai
berikut :
74