Page 81 - Statistika Parametrik Panduan Praktis Pengujian Hipotesis Dalam Penelitian Kuantitatif
P. 81

Langkah 3 : Menentukan nilai t tabel pada derajat bebas (n1+n2-2) taraf
                  signifikansi 5%

                  Dari tabel t sebagaimana dalam lampiran, diperoleh nilai t tabel  pada
                  derajat bebas (37 + 39 – 2) atau db = 74 dan taraf signifikansi 5% atau α

                  = 0,05, diperoleh nilai

                  t tabel = 1, 667


                  Langkah 4 : Membandingkan nilai t hitung dengan t tabel untuk menarik
                  Kesimpulan.

                  Dari langkah  3 di atas diperoleh  t hitung  = 1,01 dan t tabel = 1,667

                  Maka diperoleh t hitung < t tabel, sehingga Ho tidak ditolak. Dengan
                  demikian dapat disimpulkan bahwa Ho yang berbunyi Rata-rata

                  prestasi belajar matematika peserta didik yang berasal dari SMP
                  negeri tidak lebih tinggi dari rata-rata prestasi belajar matematika

                  peserta didik yang berasal dari SMP swasta,


                  Langkah 5 : Melakukan interpretasi

                         Dari beberapa langkah analisis di  atas dapat  disimpulkan bahwa,
                  pada  populasi  rata-rata  prestasi  belajar  matematika  peserta  didik  yang

                  berasal  dari  SMP  negeri tidak lebih tinggi dari  rata-rata  prestasi belajar
                  matematika peserta didik yang berasal dari SMP swasta.  Dengan  demikian

                  hipotesis penelitian ini TIDAK  TERBUK TI KEBENARANNYA.


                  Perhitungan-perhitun gan di atas juga dapat dilakukan dengan bantuan

                  komputer program Microsoft Excell, dengan langkah-langkah sebagai

                  berikut :





                                                                                    74
   76   77   78   79   80   81   82   83   84   85   86