Page 26 - Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi
P. 26
METODOLOGI PENELITIAN
A. JENIS PENELITIAN
Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah menggunakan metode
penelitian tindakan kelas ( PTK) menurut Diplan dan Andi (2018:12) Penelitian
tindakan kelas merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru
untuk memecahkan Masalah pembelajaran di kelasnya. Sedangkan pengertian
penelitian tindakan kelas (PTK) menurut Kunandar (Priyadi,2014:31)
menyatakan bahwa: Penelitian tindakan kelas dapat juga diartikan suatu
kegiatan ilmiah yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri dengan jalan
merancang, melaksanakan, mengamati, dan merefleksikan tindakan melalui
beberapa siklus secara kolaboratif dan partisipatif yang bertujuan untuk
memperbaiki atau meningkatkan mutu proses pembelajaran dikelasnya.
Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan penelitian tindakan kelas
adalah cara ilmiah seorang guru untuk mendapatkan data yang valid yang
dilakukan dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya agar hasil belajar
peserta didik meningkat, kegiatan ilmiah ini dilakukan dengan cam merancang,
melaksanakan, mengamati dan merefleksi tindakan melalui beberapa siklus
agar tujuan pembelajaran untuk memperbaiki atau meningkatkan proses
pembelajaran dikelasnya dapat tercapai. Dalam hal ini penelitian
menggunakan model pembelajaran Metode Problem Solving.
B. KEHADIRAN DAN PERAN PENELITK
Keberhasilan suatu peneliti tindakan kelas (PTK) sangat dipengaruhi oleh
kehadiran peneliti, kehadiran peneliti menjadi dasar atas data dan informasi
yang diperoleh. Peneliti dapat dikatakan sebagai instrument kunci karena
selain menjadi peneliti, peneliti juga berperan sebagai perencanaan dan