Page 28 - Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi
P. 28

suatu kegiatan yang dapat di amati, baik dalam situasi yang sebenarnya
              maupun  dalam  situasi  buatan.  Menurut  Umar,  (2011:  23)  mengatakan
              bahwa: Observasi ini di lakukan untuk mengamati semua aktivitas yang di
              lalukan guru dan peserta didik dalam proses belajar mengajar serta data
              yang didapat menunjukkan kelengkapan penelitian ini. Dengan demikian
              maka  data  yang  di  kumpulkan  adalah  data  tentang  aktivitas  guru  dan
              peserta  didik.  Pelaksanaan  aplikasi  di  lakukan  pada  saat  proses  belajar
              mengajar berlangsung.
          b.  Tes. Tes merupakan salah satu alat pengumpulan data yang di berisikan
              pelajaran yang di tempuh oleh peserta didik. Tes yang digunakan dalam
              penelitian  ini  bertujuan  untuk  memperoleh  data  tentang  kemampuan
              peserta didik mengerjakan soal-soal dengan melalui Problem Solving yang
              di bantu dengan aplikasi Zoom Meeting.

          F.  INSTRUMEN PENELITIAN
              Menurut Shoimin (2007:148) berpendapat “instrument penelitian adalah
          suatu  alat  yang  digunakan  mengukur  fenomena  alam  maupun  sosial  yang
          diamati”.  Adapun  instrument  penelitian  sebagai  berikut:  Observasi  yang
          dilakukan  oleh  peneliti  digunakan  untuk  mengamati  aktifitas  peserta  didik
          dalam pembelajaran Ekonomi dikelas. Adapun kisi-kisi lembar observasi adalah
          sebagai berikut

                            Kisi-kisi Lembar Observasi Aktivitas Guru
                                                                     Skor
          No               Aktivitas yang diamati
                                                              1    2     3    4

          1.   Membuka Pembelajaran
          2.   Menyiapkan sarana dan prasarana

          3.   Mengkondisikan  ruang  kelas  dan  mempersiapkan
              peserta didik untuk mengikuti pembelajaran dengan
              menggunakan media
          4.   Menyiapkan tujuan pembelajaran

          5.   Memberikan penjelasan materi kepada peserta didik
          6.   Menggunakan    media   selama    pembelajaran

              berlangsung
          7.   Menghampiri peserta didik yang perlu bantuan dalam

                                                            Metodologi Penelitian | 23
   23   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33