Page 155 - Evaluasi Pembelajaran
P. 155

pengukuran  tidak  dapat  dibelah
                                    menjadi  2  bagian,  karena  tidak
                                    memiliki variansi yang sama, atau
                                    tidak  cukup  bukti  belahan  skor
                                    hasil  pengukuran  adalah  paralel
                                    dan homogen.

                                   - Dapat  digunakan  untuk  mencari
                                    koefisien  reliabilitas  pada  hasil
                                    ujicoba  instrumen  berupa  tes
                                    maupun non tes.
                                   - Dapat           menggambarkan
                                    konsistensi internal instrumen.
                                   - Hasil   perhitungan   cenderung
                                    underestimate
                                   - Dapat  digunakan  untuk  analisis
                                    reliabilitas  instrumen  berbentuk
                                    tes  maupun  non  tes,  khususnya
                                    pada penskoran non-dikotomik.
                KR-20             -  Digunakan pada instrumen dengan
                                    penskoran berbentuk dikotomik.
                                  -  Perhitungan   didasarkan   pada
                                    proporsi  atau  jumlah  jawaban
                                    benar pada butir instrumen.

                KR-21             -  Digunakan pada instrumen dengan
                                    penskoran berbentuk dikotomik.

                                  -  Perhitungan didasarkan pada rata-
                                    rata   proporsi   atau   rata-rata
                                    jawaban     benar   pada    butir
                                    instrumen.


                  Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi
               rendahnya koefisien reliabilitas, antara lain jumlah butir
               instrumen  dan  jumlah  peserta  tes  atau  responden

           144
   150   151   152   153   154   155   156   157   158   159   160