Page 155 - Evaluasi Pembelajaran
P. 155
pengukuran tidak dapat dibelah
menjadi 2 bagian, karena tidak
memiliki variansi yang sama, atau
tidak cukup bukti belahan skor
hasil pengukuran adalah paralel
dan homogen.
- Dapat digunakan untuk mencari
koefisien reliabilitas pada hasil
ujicoba instrumen berupa tes
maupun non tes.
- Dapat menggambarkan
konsistensi internal instrumen.
- Hasil perhitungan cenderung
underestimate
- Dapat digunakan untuk analisis
reliabilitas instrumen berbentuk
tes maupun non tes, khususnya
pada penskoran non-dikotomik.
KR-20 - Digunakan pada instrumen dengan
penskoran berbentuk dikotomik.
- Perhitungan didasarkan pada
proporsi atau jumlah jawaban
benar pada butir instrumen.
KR-21 - Digunakan pada instrumen dengan
penskoran berbentuk dikotomik.
- Perhitungan didasarkan pada rata-
rata proporsi atau rata-rata
jawaban benar pada butir
instrumen.
Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi
rendahnya koefisien reliabilitas, antara lain jumlah butir
instrumen dan jumlah peserta tes atau responden
144