Page 27 - Context Communication The Sociology Of Culture
P. 27

tatap  kata-kata  dan  gambar.  Akibatpada  aspek  sosial  pun
               terjadi,  perspektif  tentang  interaksi  manusia  dianggapnya
               sebenar-benarnya  ada  bila  langsung  secara  maya  (virtual)
               dan nirkabel (wireless connectivity) (Zis et al., 2021).
                     Perubahan itu perlahan menggerus budaya sosial, sebab
               kehadiran     teknologi    komunikasi     berbasis    artificial
               intelligence.  Perubahan  yang  tampak  adalah  perilaku  yang
               tidak  interaktif  dalam  berkomunikasi  tatap  Fenomena
               komunikasi  pun  menjadi  berubah  dari  semula  tatap  muka,
               sekarang tren dengan dunia maya (virtual). Dua duniayang
               berbeda, bahkan dunia nyatasesungguhnya bisa dimanipulasi
               oleh dunia maya dengan sederetan aplikasi-aplikasi canggih.
               Citra  personal  seorang  punya  potensi  besar  dimanipulasi
               pada  era  digital.Idealnya,  saat  berkomunikasi  tatap  muka
               adalah  saling  memerhatikan  lawan  bicara,  agar  tidak
               kehilangan  makna  arah  pesan  yang  disampaikan  oleh
               komunikator.Karena akan ada rasa saling menghargai antara
               komunikator  dengan  komunikan  saling  peduli  terhadap
               pesan-pesan  yang  disampaikan,  sehingga  tidak  terjadi
               kesalahpahaman       komunikasi     terhadap    pesan     yang
               disampaikan  dan  pesan  yang  diterima.Milenial  dan  gen  Z,
               punya  cara  berbeda  untuk  merespons  digital,  maksudunya
               adalah  saat  penggunaan  perangkat  digital,  Gen  Z  lebih
               multitasking (Zis et al., 2021).
                     Seharusnya komunikasi secara langsung dapat berjalan
               dengan  lancar  ketika  dua  orang  bertemu  dan  duduk  secara
               berdekatan.  Faktanya  komunikasi  secara  langsung  tidak
               berjalan  dengan  lancar  sehingga  terjadinya  banyak
               kesalahpahaman dalam pemaknaan terhadap apa yang telah
               disampaikan  komunikator  (penyampai  pesan)  kepada
               komunikan  (penerima  pesan)  saat  sibuk  bermain  gawai.
               Berbeda  dengan  komunikasi  yang  ada  pada  dunia  maya,


               20   Context Communication: the sosiology of culture
   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31   32