Page 29 - Context Communication The Sociology Of Culture
P. 29

Hidayatullah et al., (Zis et al., 2021) Ketiga, teori yang
               yang  digunakan  adalah  komunikasi  generasi  milenial.
               Generasi  milenial  merupakan  adalahgenerasi  modern  yang
               hidup di pertengahan milenium. Secara bersamaan pada era
               digital  ini  mulai  merasuk  ke  sendi-sendi  kehidupan.
               Keempat,  teori  yang  yang  digunakan  adalah  komunikasi
               generasi  Z.  Generasi  Z  adalah  generasi  yang  lahir  individu
               yang lahir setelah 1995. Penelitian Bencsik,Csikos, & Juhez
               menunjukkan  masuknya  didalam  kelompok  yang  lahir  dari
               tahun 1995-2010 (Zis et al., 2021). Mcquail (Zis et al., 2021)
               Kelima, new media telah digunakan sejak tahun 1960-an dan
               telah  mencakup  seperangkat  teknologi  komunikasi  terapan
               yang semakin berkembang dan beragam. Komunikasi massa
               tradisional pada intinya bersifat satu arah, sementara bentuk
               baru  komunikasi  secara  pokok  adalah  interaktif  (Mcquail,
               2011).
                     Perbedaan  mendasar  tersebut  yangmengantarkan
               kepada  proses  berpikir  bahwamedia  baru  punya  kekuatan
               interaktif  yang  bisa  memberikan  respon  kepada  orang  yang
               memberikan opini tentang suatu hal. Pada media baru, siapa
               pun  yang  terhubung  ke  jaringan  internet  dapat  membuat
               konten yang mereka inginkan. Keenam, behaviorisme sosial
               merupakan  teori  yang  digagas  oleh  George  Herbert  Mead
               (Zis et al., 2021) merujuk pada perilaku manusia yang khas.
               Daryanto  (Zis  et  al.,  2021)  Teori  behaviorisme  sosial
               merupakan  pengembangan  dari  teori  behaviorisme,  yakni
               teori  belajar  yang  lebih  menekankan  pada  tingkah  laku
               manusia.  Teori  ini  memandang  individu  sebagai  makhluk
               reaktif yang memberi responterhadap lingkungan.






               22   Context Communication: the sosiology of culture
   24   25   26   27   28   29   30   31   32   33   34