Page 24 - Context Communication The Sociology Of Culture
P. 24

Hakikat Dinamika Komunikasi

                  Komunikasi bersifat omnipresent (hadir di mana-mana)
            kapan saja, di mana saja, dan dengan siapa saja. Komunikasi
            merupakan  aktifitas  yang  paling  banyak  dilakukan  oleh
            manusia dan tidak dapat dihindari dalam kehidupan sehari-
                                              hari.  Kehidupan  modern
                                              memberi          kesempatan
                                              kepada  setiap  orang  untuk
                                              melakukan        komunikasi
                                              dalam  setiap  ruang  dan
                                              waktu  hampir  tanpa  batas.
                                              Awal tahun 1950-an di Palo
                                              Alto California, sekelompok
                                              peneliti  dari  berbagai  latar
                                              belakang  ilmu  termasuk
                                              psiakatri,  antropologi  dan
                                              komunikasi       berkumpul.
            Semuanya  berkolaborasi  guna  menelaah  pendekatan
            komunikasi  manusia  (Efendi,  2021).  Komunikasi  sebagai
            ilmu berarti komunikasi yang mengajarkan pengetahuan dan
            keterampilan  dengan  berbagai  konstruksi  seperti  jurnalis,
            publics relation officer, ahli manajemen komunikasi, politisi,
            ulama‘,  ilmuan,  diplomat,  presenter  radio  dan  TV,  dan
            specialis media sosia hingga podcast.
                  Digitalilasi  media  saat  ini,  mendorong  perubahan
            industri  konten  kreatif.  Artinya  perkembangan  media
            membuat membuat masing-masing konten memiliki platform
            distribusi  sendiri  melalui  saluran  digital.  Perubahan  inilah
            yang  seharusnya  diikuti  oleh  pelaku  industri  yang  harus
            mampu mengikuti perubahan zaman terutama di era industri
            4.0  karena  konsumen  baru  adalah  generasi  Z  yang  sangat



                                  Context Communication: the sosiology of culture   17
   19   20   21   22   23   24   25   26   27   28   29