Page 19 - Context Communication The Sociology Of Culture
P. 19

Misalnya, saat mengacu pada sesuatu di sebelah kiri, Anda
               mungkin  memberi  isyarat  ke  arah  kiri.  Paling  sering
               mengilustrasikan  dengan  tangan  Anda,  tetapi  Anda  juga
               bisamengilustrasikan  dengan  gerakan  kepala  dan  tubuh
               secaraumum.  Anda  dapat,  misalnya,  memutar  kepala  atau
               seluruhtubuh  ke  arah  kiri.  Anda  juga  dapat  menggunakan
               ilustratorun  tuk  mengomunikasikan  bentuk  atau  ukuran
               objek yang sedang Anda bicarakan.
                     Komunikasi  nonverbal  mungkin  paling  mudah
               dijelaskan  dalam  kaitannya  dengan  berbagai  saluran  yang
               dilalui  pesan(Devito,  2002).  Pakaian  yang  layak  adalah
               segala sesuatu yang Anda pakai itu Item pakaian yang dapat
               dibaca  dibeli  dan  dipakai  dalamjumlah  rekor.  Banyak
               desainer dan produsen pria yang namanya diintegrasikan ke
               dalam  desain  pakaian:  DKNY,  Calvin  Klein,  Armani,  LL
               Bean, Gap, dan Old Navy hanyalah beberapa contoh. Pada
               saat yang sama Anda membayar ekstra untuk membeli nama
               merek,  Anda  juga  menyediakan  iklan  gratis.  Anda  adalah
               bagian  dari  tren  saat  ini.  Pesan  pribadi,  seperti  pernyataan
               keyakinan  atau  filosofi,  beri  tahuorang  lain  bahwa
               Andabersedia  mengungkapkan  keyakinanAnda  di  depan
               umum. T-shirt dan kaus sangat populer sebagai mengandung
               beberapa pesan verbal.
                     Pesan  afiliasi  dapat  menimbulkan  masalah  ketika
               mengidentifikasi  pemakainya  sebagai  anggota  geng,  karena
               memakai  warna  geng  dapat  berkontribusi  pada  kekerasan,
               terutama di sekolah, Burke(Devito, 2002). Dan pesan pribadi
               dapat  menimbulkan  konflik  jika  menghina  satu  jenis
               kelamin, kelompok, atau kepercayaan populer dan dihargai.
               Misalnya,  Wall  Street  Journal  melaporkan  bahwa  slogan-
               slogan  yang  menghina  anak  laki-laki  ("Anak  laki-laki  itu
               hebat.  Setiap  anak  perempuan  harus  memilikinya"  atau


               12   Context Communication: the sosiology of culture
   14   15   16   17   18   19   20   21   22   23   24