Page 14 - Context Communication The Sociology Of Culture
P. 14

5.  socio-cultural  theory:  penciptaan  dan  pengungkap
                  realitas sosial (creation and enactment of social reality);
              6.  critical  theory:  penelurusan  reflektif  tentang  wacana
                  yang timpang (reflective challenge of unjust discourse);
                  dan
              7.  phenomenological  theory:  pengalaman  pribadi  dan
                  orang lain melalui dialog‘

                  Bila disimak menurut paradigma yang digunakan maka
            segenap penelitian yang disajikan dalam jurnal-jurnal ilmiah
            baku     (mainstream     communication       journals)    yang
            dimaksudkan  untuk  membangun  teori  tersebut  dapat
            digolongkan  menjadi  tiga  paradigma  dasar  yaitu  1)
            empirisisme, yang  mencoba menjelaskan,  meramalkan, dan
            melakukan  kontrol  atas  fenomena-fenomena  yang  teramati
            dengan menunjukkan hubungan-hubungan yang umum dan
            penting; 2) hermeneutika, yang mencoba memahami makna-
            makna  perilaku  manusia  melalui  penafsiran  teks  dan
            kerangka-kerangka  pemahaman;dan  3)  kritikisme,  yang
            mencoba  melakukan  perubahan-perubahan  emansipatoris
            melalui refleksi kritis atas kebiasaan sosial. Paradigma kedua
            dan ketiga menjadi sangat popular dalam pendekatan budaya
            (cultural  studies)  yang  juga  terkenal  dengan  sebutan  media
            studies  yang  menunjukkan  ciri  khusus,  yakni  ―naturism,
            social  causation,  and  functionalism‖  (James  Porter  et  al.
            1993: 317-335)
              1.  Pesan
                  Ini adalah isi dari apa yang dikatakan, serangkaian ide
                  yang ingin disampaikan oleh pembicara melalui saluran
                  komunikasi  tertentu.  Mereka  dapat  berupa  konsep,
                  berita,  permintaan,  keinginan,  opini,  emosi,  situasi,





                                   Context Communication: the sosiology of culture   7
   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18   19