Page 13 - Context Communication The Sociology Of Culture
P. 13

memang  merupakan  bidang  studi  interdisipliner.  Dari  riset-
               riset  Lasswell  tersebut  dapt  dipelajari  tentang  content
               analysis dan penggunaan statistik dalam riset komunikasi.
                     Dampak  komunikasi  propaganda  sebagai  komunikasi
               politik  dapat  dilihat  pada  bobot  dan  intensitas  pola
               penggunaan kata-kata kunci dan lambang (symbol) di dalam
               pesan-pesan yang disebarkan melalui media massa. Dengan
               konsep  propaganda  itu  Lasswell  mengajukan  pemikiran
               ―pengubahan pandangan orang‖ sebagai strategi ―managing
               public opinion‖.
                     Minatnya  terhadap  ―public  opinion‖  memperkuat
               kedudukan  konsep  ―Public  Opinion‖  di  negara  demokrasi
               yang  mengandalkan  media  komunikasi  massa  yang
               sebelumnya  dicetuskan  oleh  Walter  Lippmann  (1922)
               (Hardjana, 2013).


               Teori Komunikasi
                     Untuk  memudahkan  pemahaman  dan  pembedaan
               teori-teori yang kini dikembangkan dalam berbagai kegiatan
               penelitian dan dilaporkan dalam jurnal-jurnal ilmiah, Robert
               Craig (University of Colorado) mencoba membuat peta teori
               (mapping the theory), yang meliput tujuh bidang, yang telah
               membentuk  tradisi  dalam  penelitian  komunikasi.  Ketujuh
               teori adalah
                 1.  socio-psychological  theory:  pengaruh  antar  pribadi
                     (interpersonal influence);
                 2.  cybernetics theory: pemrosesan informasi (information
                     processing);
                 3.  rhetorical theory: seni pidato (the artful public address);
                 4.  semiotics  theory:  proses  kebersamaan  makna  melalui
                     tanda (the process of sharing meaning through signs);




               6   Context Communication: the sosiology of culture
   8   9   10   11   12   13   14   15   16   17   18