Page 21 - Context Communication The Sociology Of Culture
P. 21

tuaterlalu kuat, dari kaleng merah kaya, dan dari kaleng biru
               ringan.  Bahkan  penerimaan  Anda  terhadap  seseorang
               mungkin  bergantung  pada  warna  yang  dia  kenakan.
               Pertimbangkan,  misalnya,  komentar  seorang  ahli  warna
               (Kanner,  1989):  "Jika  Anda  harus  memilih  lemari  pakaian
               untuk  pengacara  pembelaAnda  menuju  ke  pengadilan  dan
               memilih  apa  pun  kecuali  biru,  Anda  berhak  kalah  dalam
               kasus  ini."  Hitam  sangat  kuat  sehingga  bisa  melawan
               pengacara  dengan  juri.  Brown  tidak  memiliki  otoritas  yang
               memadai. Hijau mungkin akan menimbulkan respon negatif.
               Jika  Anda  ingin  mengejar  peran  warna  ini  dalam
               Komunikasi (Devito, 2002), lihatlah ―Bagaimana Cara Anda
               Mengekspresikan Makna dengan Warna?‖

               Penanda batas

                     Menetapkan  batas  yang  memisahkan  wilayah  Anda
               dari "milik mereka". Di garis kasir supermarket, palang yang
               ditempatkan di antara belanjaan Anda dan orang di belakang
               Anda  adalah  penanda  batas.  Demikian  pula,  sandaran
               tangan  yang  memisahkan  kursi  Anda  dari  orang-orang  di
               kedua  sisi  di  bioskop  dan  kursi  plastik  cetakan  di  bus  atau
               kereta api adalah penanda batas.
                     Subjektivisme  tentang  pemaknaan  pesan  komunikasi
               khususnya dari media komunikasi massa (mediated message)
               gratification  theory  yang  umumnya  dipahami  dalam
               pengertian      ―uses       and      gratifications‖,     yang
               dioperasionalisasikan sebagai kepuasan yang diharapkan dan
               kepuasan  yang  diperoleh,  kini  masih  terus  dikembangkan
               bahkan dengan kemungkinan ―feedback‖ untuk memahami
               media  khalayak  yang  aktif  menghadapi  pilihan-pilihan
               media.  Subjektivisme  dalam  pemaknaan  dan  pemaknaan



               14   Context Communication: the sosiology of culture
   16   17   18   19   20   21   22   23   24   25   26