Page 47 - Context Communication The Sociology Of Culture
P. 47

mengundang pemikiran ulang yang sekarang. Pertama, kita
               membahas       bagaimana      perbedaan     diresahkan     dan
               dipentaskan  kembali  dalam  konteks  globalisasi.  Kedua,
               membahas bagaimana pola proses global yang tidak merata
               diberlakukan melalui praktik budaya yang dihasilkan tujuan
               keseluruhan  untuk  menunjukkan  urgensi  memikirkan
               kembali studi budaya dalam studi komunikasi kritis.
               Salah  satu  implikasi  terpenting  dari  globalisme  hanyalah
               bahwa tidak ada lagi ruang di tempat lain. Ini berarti bahwa
               alih-alih  berpikir  dalam  kerangka  perpindahan,  gerakan  di
               tempat lain, penting bagi kajian budaya untuk berpikir dalam
               kerangka dislokasi, yang merupakan transformasi tempat. –
               Ackbar  Abbas  (Ammaria,  2015)  Cultural  Studies  in
               Postculture.‖
                      Komunikasi  seperti  bahasa  bersifat  simbolis  dan
               impersonal,  seperti  misalnya  matematika.  Ini,  di  sisi  lain,
               ekspresif  dan  pribadi  seperti  musik.  Kedua  bentuk
               komunikasi     tersebut    berfungsi    dalam    mewujudkan
               pengertian-pengertian  antara  individu  dan  masyarakat  yang
               merupakan  substansi  budaya.  Fungsi  sosial  komunikasi
               tampaknya  untuk  membawa  dan  memelihara  pemahaman
               dan  solidaritas  budaya  di  antara  individu  dan  masyarakat.
               Ini dapat dikontraskan dengan fungsi sosial dari persaingan
               yang  menghasilkan  distribusi  yang  teratur  dan  pembagian
               kerja antara individu dan masyarakat. Pembagian kerja ini,
               sejauh  ini  disebabkan  oleh  persaingan,  melibatkan
               individuasi  unit-unit  yang  bersaing.  Persaingan  dan
               komunikasi  dengan  demikian  dapat  dikatakan  saling
               melengkapi,  karena  komunikasi  beroperasi  sebagai  prinsip
               integrasi dan sosialisasi, sedangkan persaingan adalah prinsip
               individuasi. Lebih khusus lagi, komunikasi dapat dikatakan
               beroperasi dalam dua dimensi.


               40   Context Communication: the sosiology of culture
   42   43   44   45   46   47   48   49   50   51   52