Page 51 - Context Communication The Sociology Of Culture
P. 51

dengan  mudah  mengirimkan  dan  bertukar  teks  media  satu
               sama  lain,  namun  pengguna  juga  dapat  dengan  mudah
               mengubah teks tersebut dan mendapatkan variasi yang tidak
               terbatasatas cara mereka mengkonsumsinya.
                     Meningkatnya fleksibiltas teks media dari satumedium
               ke  medium  lainnya  merupakan  salah  satu  karakter  budaya
               digital  yang  utama.  Hal  ini  yang  menyebabkan  budaya
               digital  sering  juga  disebut  sebagai  budaya  teks  media  yang
               ‗berkesinambungan‘(Gurevitch et al., 2005).
                     Dengan menggambil studi kasus dari salah satu media
               online  membahas  bagaimana  digitalisasi  media  mampu
               mengubah cara masyarakat Indonesia dalam mengkonsumsi
               media  sekaligus  mecoba  menjawab  pertanyaan  apakah
               bangsa  kita  telah  siap  untuk  menyambut  era  digitalisasi
               media ini.


               Pengertian Digitalisasi
                     Digitalisasi  dapat  didefinisikan  secara  sederhana
               sebagai penyederhanaan materi informasi dalam bentuk kode
               biner  (Marshall,  2004,  h.17)  atau  penyatuan  teknologi
               komunikasi  dengan  logika  komputer  (Schiller,  2000,  h.xv).
               Metode  baru  pengubahan  data  ini  memiliki  keunggulan
               dalam meningkatkan fleksibilitas penanganan, penyimpanan
               dan  pengiriman  data  dari  satu  orang  ke  orang  lainnya,
               Marshall (Gurevitch et al., 2005)
                     Selain  itu,  fleksibilitas  yang  ditawarkan  oleh  proses
               digitalisasi  juga  telahmempermudah  proses  transmisi  dan
               manipulasi  materi  informasi  yang  berefek  ekonomis  bagi
               suatu jaringan, karena materi informasi dapat disebarluaskan
               secara lebih efisien di antara para pengguna jaringan tersebut
               ,Schiller(Gurevitch et al., 2005).





               44   Context Communication: the sosiology of culture
   46   47   48   49   50   51   52   53   54   55   56