Page 55 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 55
|Membangun Pendidikan Berkualitas di Era Pandemi
potensi yang sudah mereka miliki yaitu dengan
memberikan kebebasan dalam melaksanakan pembelajaran
dengan cara belajarnya sendiri. Di dalam menempuh dan
mewujudkan tujuan pembelajaran yang efektif, maka perlu
dilakukan sebuah cara agar proses pembelajaran yang
diinginkan tercapai. Untuk meningkatkan cara belajar yang
efektif perlu adanya bimbingan dari guru.
Suasana pembelajaran yang efektif, siswa dapat belajar
dengan baik dalam suasana yang efektif. Siswa dapat belajar
dengan baik dalam suasana yang wajar, tanpa tekanan
sehingga dapat merangsang siswa untuk belajar. Madri M.
dan Rosmawati menulis bahwa terjadinya proses
pembelajaran itu ditandai dengan dua hal yaitu, (1). Siswa
menunjukkan keaktifan, seperti tampak dalam jumlah
curahan waktunya untuk melaksanakan tugas ajar dan (2).
Terjadi perubahan perilaku yang selaras dengan tujuan
pengajaran yang diharapkan.
Sebagai guru kita dapat melaksanakan, mengembangkan
secara kreatif, dan menciptakan suatu pembelajaran di
kelas menjadi lebih hidup dan bermakna. Dalam
menciptakan kondisi yang baik, hendaknya guru
memperhatikan dua hal yaitu, (1). Kondisi internal yang ada
pada diri siswa itu sendiri, misalnya kesehatan,
keamanannya, ketentramannya, kemudian yang selanjutnya
(2). Kondisi eksternal yaitu kondisi yang ada di luar pribadi
manusia, umpamanya kebersihan, penerangan serta
keadaan lingkungan fisik yang lain. Untuk dapat belajar
yang efektif diperlukan lingkungan fisik yang baik dan
teratur, misalnya ruang belajar harus bersih, tidak ada bau
yang dapat menganggu konsentrasi belajar, ruangan cukup
terang, tidak gelap dan tidak menganggu mata. Sarana yang
46