Page 56 - Membangun Pendidikan Berkualitas Di Era Pandemi
P. 56

Chandra Anugrah Putra |
               cukup  juga  diperlukan  dalam  belajar  untuk  menunjang
               kondisi  pembelajaran  yang  efektif.  Maka  perlu  dilakukan
               langkah–langkah  berikut  ini;  (1).  Melibatkan  siswa  secara
               aktif,    (2).  Menarik  minat  dan  perhatian  siswa,  (3).
               Membangkitkan     motivasi   siswa,   (4).   Memberikan
               pelayanan   individu   siswa,   (5).   Menyiapkan   dan
               menggunakan berbagai media dalam pembelajaran.
                  Penggunaan  gadget  pada  anak  saat  pandemi  Covid-19
               sebenarnya  mendatangkan  sejumlah  manfaat  positif,
               kendati  dalam  praktiknya  anak  perlu  didampingi  saat
               sedang  belajar  jarak  jauh  maupun  saat  berada  di  rumah.
               Anak  memang  harus  tetap  dibatasi  dalam  penggunaan
               gadget,  meskipun  sangat  diperlukan  untuk  melakukan
               kegiatan belajar jarak jauh dengan guru sekolah.
                  Belajar merupakan kebutuhan primer bagi semua orang
               karena  kita  tidak  dapat  hidup  tanpa  ilmu.  Ada  pepatah
               mengatakan “Kejarlah ilmu walau sampai ke negeri China”.
               Pepatah  ini  membuktikan  bahwa  kita  dituntut  untuk
               mencari ilmu sebanyak mungkin tanpa mengenal jarak dan
               usia.  Untuk  menunjang  pendidikan  yang  baik  dibutuhkan
               beberapa sarana pendidikan  yang  memadai.  Saat ini  telah
               diciptakan  beberapa  gadget  yang  bertujuan  untuk
               mempermudah  dan  mempercepat  proses  pembelajaran.
               Gadget dilihat dari istilah, berasal dari bahasa Inggris, yang
               artinya  perangkat  elektronik  kecil  yang  memiliki  fungsi
               khusus  seperti  android,  iphone, blackberry, netbook, ipad,
               laptop, dan lain-lain.
                  Gadget  adalah  sebuah  benda  (alat  atau  barang
               elektronik)  teknologi  kecil  yang  memiliki  fungsi  khusus,
               tetapi sering disesuaikan sebagai inovasi atau barang baru.


                                         47
   51   52   53   54   55   56   57   58   59   60   61