Page 146 - Belajar & Pembelajaran
P. 146

P

          Pembelajara:  adalah  subjek  yang  belajar.  Penggunaan  istilah  pebelajar
          tersebut untuk menekan bahwa belajar bersifat aktif.

          Pembelajar:  adalah  subjek  (guru)  yang  mengajar  atau  “membelajarka”
          pebelajar  (siswa).  Penggunaan  istilah  ini  bermaksud  menekan,  bahwa  guru
          yang  “membelajarkan”  siswa  akan  menggunakan  berbagai  upaya  agar  siswa
          sungguh belajar secara aktif.

          Pembelajaran: adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruk-
          sional,  untuk  membuat  siswa  belajar  secara  aktif,  yang  menekan  pada
          penyediaan sumber belajar.

          Pendekatan  keterampilan  proses  (PKP):  adalah  wawasan  atau  urutan
          pengembangan keterampilan –keterampilan intelektual, social, dan fisik yang
          bersumber  dari  kemampuan  –kemampuan  mendasar  yang  pada  prinsipnya
          telah ada dalam diri siswa (Depdikbud).

          Pengolahan pesan: adalah tindakan guru membelajarkan siswa sehingga siswa
          memperoleh  isi  ajaran  dengan  menggunakan  ranah  kognitif,  afektif,  dan
          psikomotor.

          Perkembangan mental: adalah perubahan mental akibat kesiapan jasmani dan
          belajar.

          Pertumbuhan jasmani: adalah perubahn jasmani yang belajar sebagai akibat
          terpenuhi  kebutuhan    makan,  minum,  dan  kebutuhan  lain.  Pada  usi  anak  ,
          pertumbuhan  jasmani  berjalan  cepat,  sedangkan  pada  usia  dewasa  anak,
          pertumbuhan  jasmani  berjalan  cepat,  sedangkan  pada  usia  dewasa  berjalan
          lambat.

          Q



          R

          Ranah kognitif: adalah segi kemampuan yang berkenaan dengan pengetahuan,
          penalaran atau pikiran. Menurut Bloom ranah kognitif terdiri dari 6 kategori,




                                                                    Glosarium | 139
   141   142   143   144   145   146   147   148   149   150