Page 146 - Belajar & Pembelajaran
P. 146
P
Pembelajara: adalah subjek yang belajar. Penggunaan istilah pebelajar
tersebut untuk menekan bahwa belajar bersifat aktif.
Pembelajar: adalah subjek (guru) yang mengajar atau “membelajarka”
pebelajar (siswa). Penggunaan istilah ini bermaksud menekan, bahwa guru
yang “membelajarkan” siswa akan menggunakan berbagai upaya agar siswa
sungguh belajar secara aktif.
Pembelajaran: adalah kegiatan guru secara terprogram dalam desain instruk-
sional, untuk membuat siswa belajar secara aktif, yang menekan pada
penyediaan sumber belajar.
Pendekatan keterampilan proses (PKP): adalah wawasan atau urutan
pengembangan keterampilan –keterampilan intelektual, social, dan fisik yang
bersumber dari kemampuan –kemampuan mendasar yang pada prinsipnya
telah ada dalam diri siswa (Depdikbud).
Pengolahan pesan: adalah tindakan guru membelajarkan siswa sehingga siswa
memperoleh isi ajaran dengan menggunakan ranah kognitif, afektif, dan
psikomotor.
Perkembangan mental: adalah perubahan mental akibat kesiapan jasmani dan
belajar.
Pertumbuhan jasmani: adalah perubahn jasmani yang belajar sebagai akibat
terpenuhi kebutuhan makan, minum, dan kebutuhan lain. Pada usi anak ,
pertumbuhan jasmani berjalan cepat, sedangkan pada usia dewasa anak,
pertumbuhan jasmani berjalan cepat, sedangkan pada usia dewasa berjalan
lambat.
Q
R
Ranah kognitif: adalah segi kemampuan yang berkenaan dengan pengetahuan,
penalaran atau pikiran. Menurut Bloom ranah kognitif terdiri dari 6 kategori,
Glosarium | 139