Page 143 - Belajar & Pembelajaran
P. 143
GLOSARIUM
A
B
Belajar: adalah kegiatan individu memperoleh pengetahuan, perilaku dan
keterampilan dengan cara mengolah bahan belajar. Dalam belajar tersebut
individu menggunakan ranah-ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Akibat
belajar tersebut maka kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik makin
bertambah baik. Tiap ahli psikologi member batasan yang berbeda tentang
belajar.
C
D
Dampak pengajaran (instructional effects): adalah hasil belajar siswa yang
dapat diukur dengan segera atau secara langsung. Sebagai ilustrasi, setelah
siswa mempelajari rumus matematika, maka ia dapat memecahkan soal
matematika. Kecepatan memecahkan soal tersebut dapat diukur. Dampak
pengajaran diwujudkan dalam angka rapor, ijazah, dan sebagainya.
Dampak pengiring (nurturant effects): adalah hasil belajar sisiwa yang tampak
secara tidak langsung atau merupakan transfer hasil belajar. Sebagai ilustrasi,
siswa dapat memecahkan masalah yang dihadapi dalam hidupnya dengan baik.
Dampak pengiring muncul pada saat timbul masalah yang segera dipecahkan
siswa.
Desain instruksional: adalah program pengajaran yang dibuat oleh guru secara
konvensional dikenal sebagai persiapan mengajar guru.
136 | Belajar dan Pembelajaran