Page 143 - Belajar & Pembelajaran
P. 143

GLOSARIUM




          A



          B

          Belajar:  adalah  kegiatan  individu  memperoleh  pengetahuan,  perilaku  dan
          keterampilan  dengan  cara  mengolah  bahan  belajar.  Dalam  belajar  tersebut
          individu  menggunakan ranah-ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Akibat
          belajar  tersebut  maka  kemampuan  kognitif,  afektif,  dan  psikomotorik  makin
          bertambah  baik.  Tiap  ahli  psikologi  member  batasan  yang  berbeda  tentang
          belajar.


          C



          D

          Dampak  pengajaran  (instructional  effects):  adalah  hasil  belajar  siswa  yang
          dapat  diukur  dengan  segera  atau   secara  langsung. Sebagai  ilustrasi,  setelah
          siswa  mempelajari  rumus  matematika,  maka  ia  dapat  memecahkan  soal
          matematika.  Kecepatan  memecahkan  soal  tersebut  dapat  diukur.  Dampak
          pengajaran diwujudkan dalam angka rapor, ijazah, dan sebagainya.

          Dampak pengiring (nurturant effects): adalah hasil belajar sisiwa yang tampak
          secara tidak langsung atau merupakan transfer hasil belajar. Sebagai ilustrasi,
          siswa dapat memecahkan masalah yang dihadapi dalam hidupnya dengan baik.
          Dampak pengiring muncul pada saat timbul masalah yang segera dipecahkan
          siswa.

          Desain instruksional: adalah program pengajaran yang dibuat oleh guru secara
          konvensional dikenal sebagai persiapan mengajar  guru.





           136 | Belajar dan Pembelajaran
   138   139   140   141   142   143   144   145   146   147   148