Page 138 - Belajar & Pembelajaran
P. 138
- Mengujicobakan kuesioner kepada sejumlah orang yang memiliki
karakteristik yang sama dengan yang akan mengisi angket,
- Melancarkan penyebaran kuesioner kepada orang yang dituju,
- Mengumpulkan dan mengadministrasikan kuesioner, dan
- Mengolah data yang berhasil dikumpulkan.
2) Wawancara yakni suatu teknik pengumpulan data yang menuntut adanya
pertemuan langsung atau komunikasi langsung antara evaluator dengan
sumber data. Langkah kegiatan yang hendaknya dilakukan oleh evaluator
dalam menerapkan teknik wawancara ini adalah:
- Menyusun pedoman wawancara atau daftar cocok (check-list) sesuai
dengan data yang akan dikumpulkan,
- Evaluator yang bertindak hanya sebagai pengumpul data perlu
memahami tujuan dan petunjuk penggunaan wawancara,
- Melaksanakan wawancara,
- Menyusun sesegera mungkin jawaban hasil wawancara, dan
- Mengolah data/informasi hasil wawancara.
3) Pengamatan merupakan teknik pengumpulan data melalui kegiatan
mengamati yang dilakukan oleh evaluator terhadap kegiatan
pembelajaran. Evaluator yang bertindak langsung sebagai pengamat harus
mencatat segala kejadian dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan
instrumen pengamatan yang tersedia. Data yang terkumpul melalui teknik
pengumpulan data ini, berupa informasi/data yang objektif dan realistik
dari kegiatan pembelajaran. Langkah-langkah yang ditempuh oleh
evaluator dalam menerapkan teknik ini adalah:
- Menyusun instrumen pengamatan sesuai dengan informasi/ data yang
ingin dikumpulkan,
- Melaksanakan pengamatan terhadap kegiatan pembelajaran untuk
mengumpulkan informasi/data dengan menggunakan instrumen yang
ada,
- Mengolah data yang berhasil dikumpulkan
4) Studi kasus adalah teknik pengumpulan data berdasarkan kasus-kasus
yang ada dan didokumentasikan. Teknik pengumpulan data ini
dimaksudkan untuk memperoleh data tentang keadaan yang menyimpang
dalam suatu kegiatan pembelajaran. Langkah-langkah yang ditempuh oleh
evaluator dalam menerapkan teknik ini adalah:
- Menyusun instrumen studi kasus,
- Melaksanakan kegiatan lapangan, dan
- Mengolah data yang diperoleh.
Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 131