Page 133 - Belajar & Pembelajaran
P. 133

2.  Sasaran Evaluasi Pembelajaran
          a.  Evaluasi pembelajaran sebagaimana diungkapkan sebelumnya berusaha
              menetapkan jasa, nilai atau manfaat aspek-aspek pembelajaran.
              Dengan kata lain, sasaran evaluasi pembelajaran adalah aspek-aspek yang
          terkandung dalam kegiatan pembelajaran. Dengan demikian sasaran evaluasi
          pembelajaran  meliputi:  tujuan  pengajaran,  unsur  dinamis  pembelajaran,
          pelaksanaan pembelajaran, dan kurikulum.

          b.  Tujuan pembelajaran
              Merupakan  sasaran  evaluasi  pembelajaran  yang  perlu  diperhatikan,
          karena  semua  unsur/aspek  pembelajaran  yang  lain  selalu  bermula  dan
          bermuara pada tujuan pengajaran. Hal-hal yang perlu dievaluasi pada tujuan
          pengajaran adalah penjabaran tujuan pengajaran, rumusan tujuan pengajaran,
          dan unsur-unsur tujuan pengajaran.
              Penjabaran  tujuan  pengajaran  yang  dimaksudkan  adalah  penjabaran
          dimulai  dari  tujuan  pengajaran  tertinggi  sampai  tujuan  pengajaran  yang
          terendah, seringkah disebut hierarki tujuan. Tujuan pengajaran yang tertinggi
          adalah  tujuan  pendidikan  nasional.  Tujuan  kelembagaan,  tujuan  kurikuler,
          tujuan umum pengajaran, dan terakhir tujuan khusus pengajaran, semakin ke
          bawah  semakin  rinci  unsur-unsur  yang  ada  pada  rumusan  tersebut.  Unsur-
          unsur  yang  seharusnya  terlihat  pada  rumusan  tujuan  khusus  pengajaran,
          misalnya  akan  berbeda  dengan  unsur-unsur  yang  ada  pada  rumusan  tujuan
          umum pengajaran. Unsur-unsur yang seharusnya terlihat pada rumusan tujuan
          khusus  pengajaran  meliputi  perilaku  yang  diharapkan  dapat  dicapai,  kriteria
          keberhasilan yang ditentukan, dan situasi kondisi untuk membentuk perilaku
          dengan kriteria yang diinginkan tersebut.

          c.  Unsur dinamis pembelajaran
              Merupakan  sasaran  evaluasi  pembelajaran  yang  kedua.  Yang  dimaksud
          dengan  unsur  dinamis  pembelajaran  adalah  sumber  belajar  atau  komponen
          sistem  instruksional  yang  terlibat  dalam  kegiatan  pembelajaran.  Sumber
          belajar meliputi: pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan latar (AECT, 1986: 2).
          Sumber-sumber belajar dibedakan menjadi dua jenis: (i) sumber belajar yang
          dirancang  (by  design)  yakni  sumber  belajar  yang  secara  khusus  telah
          dikembangkan  sebagai  komponen  pembelajaran  untuk  memberikan
          kemudahan/fasilitas belajar yang terarah dan bersifat formal, dan (ii) sumber
          belajar  karena  dimanfaatkan  (by  utilization)  yakni  sumber  belajar yang  tidak
          secara  khusus  dirancang  untuk  keperluan  pembelajaran  namun  dapat
          ditemukan, diterapkan, dan digunakan untuk keperluan belajar (AECT, 1986: 9).



          126 | Belajar dan Pembelajaran
   128   129   130   131   132   133   134   135   136   137   138