Page 133 - Belajar & Pembelajaran
P. 133
2. Sasaran Evaluasi Pembelajaran
a. Evaluasi pembelajaran sebagaimana diungkapkan sebelumnya berusaha
menetapkan jasa, nilai atau manfaat aspek-aspek pembelajaran.
Dengan kata lain, sasaran evaluasi pembelajaran adalah aspek-aspek yang
terkandung dalam kegiatan pembelajaran. Dengan demikian sasaran evaluasi
pembelajaran meliputi: tujuan pengajaran, unsur dinamis pembelajaran,
pelaksanaan pembelajaran, dan kurikulum.
b. Tujuan pembelajaran
Merupakan sasaran evaluasi pembelajaran yang perlu diperhatikan,
karena semua unsur/aspek pembelajaran yang lain selalu bermula dan
bermuara pada tujuan pengajaran. Hal-hal yang perlu dievaluasi pada tujuan
pengajaran adalah penjabaran tujuan pengajaran, rumusan tujuan pengajaran,
dan unsur-unsur tujuan pengajaran.
Penjabaran tujuan pengajaran yang dimaksudkan adalah penjabaran
dimulai dari tujuan pengajaran tertinggi sampai tujuan pengajaran yang
terendah, seringkah disebut hierarki tujuan. Tujuan pengajaran yang tertinggi
adalah tujuan pendidikan nasional. Tujuan kelembagaan, tujuan kurikuler,
tujuan umum pengajaran, dan terakhir tujuan khusus pengajaran, semakin ke
bawah semakin rinci unsur-unsur yang ada pada rumusan tersebut. Unsur-
unsur yang seharusnya terlihat pada rumusan tujuan khusus pengajaran,
misalnya akan berbeda dengan unsur-unsur yang ada pada rumusan tujuan
umum pengajaran. Unsur-unsur yang seharusnya terlihat pada rumusan tujuan
khusus pengajaran meliputi perilaku yang diharapkan dapat dicapai, kriteria
keberhasilan yang ditentukan, dan situasi kondisi untuk membentuk perilaku
dengan kriteria yang diinginkan tersebut.
c. Unsur dinamis pembelajaran
Merupakan sasaran evaluasi pembelajaran yang kedua. Yang dimaksud
dengan unsur dinamis pembelajaran adalah sumber belajar atau komponen
sistem instruksional yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran. Sumber
belajar meliputi: pesan, orang, bahan, alat, teknik, dan latar (AECT, 1986: 2).
Sumber-sumber belajar dibedakan menjadi dua jenis: (i) sumber belajar yang
dirancang (by design) yakni sumber belajar yang secara khusus telah
dikembangkan sebagai komponen pembelajaran untuk memberikan
kemudahan/fasilitas belajar yang terarah dan bersifat formal, dan (ii) sumber
belajar karena dimanfaatkan (by utilization) yakni sumber belajar yang tidak
secara khusus dirancang untuk keperluan pembelajaran namun dapat
ditemukan, diterapkan, dan digunakan untuk keperluan belajar (AECT, 1986: 9).
126 | Belajar dan Pembelajaran