Page 132 - Belajar & Pembelajaran
P. 132
Pembahasan evaluasi pembelajaran dalam uraian berikut ini akan dibatasi
pada: fungsi dan tujuan evaluasi pembelajaran, sasaran evaluasi pembelajaran,
dan prosedur evaluasi pembelajaran.
1. Fungsi dan Tujuan Evaluasi Pembelajaran
Dari pengertian evaluasi pembelajaran kita dapat mengetahui bahwa
tujuan utama dari evaluasi pembelajaran adalah sejumlah informasi atau data
tentang jasa, nilai atau manfaat kegiatan pembelajaran. Sejumlah informasi
atau data yang diperoleh melalui evaluasi pembelajaran inilah yang kemudian
difungsikan dan ditujukan untuk pengembangan pembelajaran dan akreditasi.
a. Fungsi dan tujuan evaluasi pembelajaran untuk pengembangan.
Dalam hal evaluasi pembelajaran berfungsi dan bertujuan untuk
pengembangan pembelajaran, maka evaluasi pembelajaran sedang
menjalankan fungsi formatif. Hal ini bertitik tolak dari pandangan bahwa fungsi
formatif evaluasi dilaksanakan apabila hasil yang diperoleh dari kegiatan
evaluasi diarahkan untuk memperbaiki bagian tertentu atau sebagian besar
bagian kurikulum (pembelajaran) yang sedang dikembangkan (Hasan, 1988:
39). Memperbaiki bagian tertentu atau sebagian besar aspek pembelajaran
dapat diartikan sebagai kegiatan pengembangan pembelajaran. Dengan kata
lain, fungsi dan tujuan evaluasi pembelajaran untuk pengembangan
pembelajaran dilaksanakan apabila hasil kegiatan evaluasi pembelajaran
digunakan sebagai dasar pengembangan pembelajaran.
b. Fungsi dan tujuan evaluasi pembelajaran untuk akreditasi.
Orang-orang yang terlibat dalam penyelenggaraan pendidikan pada
umumnya mengenal pengertian akreditasi sebagai suatu penilaian yang
dilakukan oleh pemerintah terhadap sekolah swasta untuk menentukan
peringkat pengakuan pemerintah terhadap sekolah tersebut (Arikunto, 1990:
186). Akreditasi juga dapat diartikan sebagai suatu proses dengan mana suatu
program atau institusi (lembaga) diakui sebagai badan yang sesuai dengan
beberapa standar yang telah disetujui (Scravia B. Anderson dalam Arikunto,
1990: 186). Berdasarkan pengertian akreditasi tersebut kita dapat
menyimpulkan bahwa akreditasi ditetapkan atau diputuskan setelah
dilaksanakan evaluasi terlebih dahulu terhadap lembaga pendidikan, baik TK.
SD, SLTP, dan SLTA swasta maupun perguruan tinggi swasta. Ada berbagai
aspek yang dinilai dalam menentukan akreditasi suatu lembaga pendidikan,
salah satu aspek/komponen yang dinilai adalah pembelajaran. Dengan
demikian fungsi dan tujuan evaluasi hasil belajar untuk akreditasi dilaksanakan
apabila hasil kegiatan evaluasi pembelajaran digunakan sebagai dasar
akreditasi lembaga pendidikan.
Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 125