Page 132 - Belajar & Pembelajaran
P. 132

Pembahasan  evaluasi  pembelajaran  dalam  uraian  berikut  ini  akan  dibatasi
          pada: fungsi dan tujuan evaluasi pembelajaran, sasaran evaluasi pembelajaran,
          dan prosedur evaluasi pembelajaran.
          1.  Fungsi dan Tujuan Evaluasi Pembelajaran
              Dari  pengertian  evaluasi  pembelajaran  kita  dapat  mengetahui  bahwa
          tujuan utama dari evaluasi pembelajaran adalah sejumlah informasi atau data
          tentang  jasa,  nilai  atau  manfaat  kegiatan  pembelajaran.  Sejumlah  informasi
          atau data yang diperoleh melalui evaluasi pembelajaran inilah yang kemudian
          difungsikan dan ditujukan untuk pengembangan pembelajaran dan akreditasi.
          a.  Fungsi dan tujuan evaluasi pembelajaran untuk pengembangan.
              Dalam  hal  evaluasi  pembelajaran  berfungsi  dan  bertujuan  untuk
          pengembangan  pembelajaran,  maka  evaluasi  pembelajaran  sedang
          menjalankan fungsi formatif. Hal ini bertitik tolak dari pandangan bahwa fungsi
          formatif  evaluasi  dilaksanakan  apabila  hasil  yang  diperoleh  dari  kegiatan
          evaluasi  diarahkan  untuk  memperbaiki  bagian  tertentu  atau  sebagian  besar
          bagian  kurikulum  (pembelajaran)  yang  sedang  dikembangkan  (Hasan,  1988:
          39).  Memperbaiki  bagian  tertentu  atau  sebagian  besar  aspek  pembelajaran
          dapat  diartikan  sebagai kegiatan  pengembangan  pembelajaran. Dengan  kata
          lain,  fungsi  dan  tujuan  evaluasi  pembelajaran  untuk  pengembangan
          pembelajaran  dilaksanakan  apabila  hasil  kegiatan  evaluasi  pembelajaran
          digunakan sebagai dasar pengembangan pembelajaran.

          b.  Fungsi dan tujuan evaluasi pembelajaran untuk akreditasi.
              Orang-orang  yang  terlibat  dalam  penyelenggaraan  pendidikan  pada
          umumnya  mengenal  pengertian  akreditasi  sebagai  suatu  penilaian  yang
          dilakukan  oleh  pemerintah  terhadap  sekolah  swasta  untuk  menentukan
          peringkat pengakuan pemerintah terhadap sekolah tersebut (Arikunto, 1990:
          186). Akreditasi juga dapat diartikan sebagai suatu proses dengan mana suatu
          program  atau  institusi  (lembaga)  diakui  sebagai  badan  yang  sesuai  dengan
          beberapa  standar  yang  telah  disetujui  (Scravia  B.  Anderson  dalam  Arikunto,
          1990:  186).  Berdasarkan  pengertian  akreditasi  tersebut  kita  dapat
          menyimpulkan  bahwa  akreditasi  ditetapkan  atau  diputuskan  setelah
          dilaksanakan evaluasi terlebih dahulu terhadap lembaga pendidikan, baik TK.
          SD,  SLTP,  dan  SLTA  swasta  maupun  perguruan  tinggi  swasta.  Ada  berbagai
          aspek  yang  dinilai  dalam  menentukan  akreditasi  suatu  lembaga  pendidikan,
          salah  satu  aspek/komponen  yang  dinilai  adalah  pembelajaran.  Dengan
          demikian fungsi dan tujuan evaluasi hasil belajar untuk akreditasi dilaksanakan
          apabila  hasil  kegiatan  evaluasi  pembelajaran  digunakan  sebagai  dasar
          akreditasi lembaga pendidikan.


                                    Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 125
   127   128   129   130   131   132   133   134   135   136   137