Page 131 - Belajar & Pembelajaran
P. 131

3.  Penafsiran tentang perbandingan antar kelas.
          4.  Penafsiran tentang susunan kelas.

          f.   Pelaporan dan Penggunaan Hasil Evaluasi
              Tahap   akhir   dari   prosedur   evaluasi   hasil   belajar   adalah
          penyusunan/pembuatan  laporan  dan  penggunaan  evaluasi  hasil  belajar.
          Pelaporan dimaksudkan untuk memberikan umpan balik kepada semua pihak
          yang  terlibat  dalam  pembelajaran  secara  langsung  maupun  tidak  langsung.
          Pihak-pihak yang perlu memperoleh laporan tentang hasil belajar siswa adalah:
          siswa, guru yang mengajar, guru lain, petugas lain di sekolah, orang tua siswa,
          dan  pemakai  lulusan  (Arikunto,  1990:  289).  Adapun  prinsip-prinsip  yang
          hendaknya dipatuhi dalam pembuatan laporan adalah:
          1)  Memuat  informasi  lengkap  dari  yang  bersifat  umum  (nilai)  hingga  yang
              bersifat faktual (skor),
          2)  Mudah  dipahami  maknanya  dan  tidak  memberi  kesan  yang  terlalu
              bervariasi,
          3)  Mudah dibuat, dan
          4)  Dapat dipakai oleh yang bersangkutan. (Indung, 1991: 140.)

              Sehubungan  dengan  penggunaan  hasil  evaluasi  Julian  C.  Stanley  (1964)
          berpendapat  bahwa  :  "Just  what  is  to  be  done,  of  course  depends  on  the
          purpose  of  the  program"  (dalam  Nurkancana,  1986:  121).  Jelaslah  bagi  kita,
          bahwa  penggunaan  hasil  evaluasi  tergantung  kepada  tujuan  yang  telah
          dirumuskan  pada  langkah-langkah  sebelumnya.  Namun  demikian,  secara
          umum kita dapat menandai bahwa penggunaan hasil evaluasi meliputi:
          1.  Untuk  menentukan  kenaikan  kelas  atau  kelulusan  seorang  siswa  yang
              terlibat dalam evaluasi hasil belajar tersebut.
          2.  Untuk  mengadakan  diagnosis  dan  remedial  terhadap  siswa  yang
              membutuhkan.
          3.  Untuk  menentukan  perlu  tidaknya  suatu  penyajian  isi  pelajaran/  sub-isi
              pelajaran tertentu diulang.
          4.  Untuk menentukan pengelompokan dan penempatan para siswa.
          5.  Untuk membangkitkan motif dan motivasi belajar siswa.
          6.  Untuk membuat laporan hasil belajar.

          C.  EVALUASI PEMBELAJARAN
              Evaluasi pembelajaran merupakan suatu proses untuk menentukan jasa,
          nilai atau manfaat kegiatan pembelajaran melalui kegiatan penilaian "an/atau
          pengukuran.  Evaluasi  pembelajaran  mencakup  pembuatan  pertimbangan
          tentang  jasa,  nilai  atau  manfaat  program,  hasil,  dan  proses  pembelajaran.

          124 | Belajar dan Pembelajaran
   126   127   128   129   130   131   132   133   134   135   136