Page 126 - Belajar & Pembelajaran
P. 126
questions) dan butir-soal jawaban singkat (short-answer type). Sedangkan
jenis butir soal pilihan terdiri dari butir-soal betul salah (true-false items),
butir soal menjodohkan, dan butir soal pilihan ganda {multiple-choice
items). (Bloom, 1981: 185-191.)
Untuk dapat menentukan secara tepat bentuk tes yang akan disusun,
evaluator perlu mempertimbangkan karakteristik aspek-aspek sasaran
evaluasi yang akan diukur.
2. Membuat kisi-kisi butir soal, yakni kegiatan yang dilaksanakan evaluator
untuk membuat suatu tabel yang memuat tentang perincian aspek isi dan
aspek perilaku beserta imbangan/proporsi yang dikehendakinya. Kisi-kisi
butir soal atau tabel spesifikasi atau layout butir soal terdiri dari ruang
lingkup isi pelajaran, proporsi jumlah item dan tiap-tiap sub-isi pelajaran,
aspek intelektual, dan bentuk soal. Kisi-kisi butir soal tersebut seperti
dicontohkan di bawah ini: (lihat halaman selanjutnya)
3. Menulis butir soal, yakni kegiatan yang dilaksanakan evaluator setelah
membuat kisi-kisi soal. Berdasarkan kisi-kisi soal inilah evaluator menulis
soal dengan memperhatikan hal-hal berikut:
a) Bahasa yang digunakan sederhana dan mudah dipahami.
b) Tidak mengandung penafsiran ganda atau membingungkan.
c) Petunjuk pengerjaan butir soal perlu diberikan untuk setiap bentuk
soal, walaupun sudah diberikan petunjuk umum.
d) Berdasarkan kaidah bahasa Indonesia dalam penulisan soal tes hasil
belajar.
Empat hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan soal seperti diuraikan
di atas merupakan kaidah penulisan soal secara umum. Untuk tiap-tiap bentuk
soal memiliki kaidah-kaidah penulisan sendiri. Kaidah-kaidah penulisan butir
soal benar-salah meliputi:
• Meyakinkan sepenuhnya bahwa butir soal tersebut dapat dipastikan
benar atau salah.
• Jangan menulis butir soal yang memindahkan satu kalimat secara harfiah
dari teks.
• Jangan menulis butir soal yang memperdayakan.
• Menghindari pernyataan negatif.
• Menghindari pernyataan berarti ganda.
• Menggunakan suatu bentuk yang tepat.
• Menghindari kata-kata kunci, seperti pada umumnya, semua, dan yang
lain.
• Menghindari jawaban benar yang berpola (Bloom, 1981: 189-190).
Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 119