Page 122 - Belajar & Pembelajaran
P. 122

bencana  alam  tersebut  melalui  berbagai  penyalur  bantuan.  Kegiatan
              menyumbang atau memberikan bantuan kepada korban bencana alam ini
              termasuk perwujudan nilai-nilai kegotong-royongan.

              Apakah yang dimaksud dengan gotong-royong? Jelaskan!
              Tujuan  ranah  psikomotorik  berhubungan  dengan  keterampilan  motorik,
          manipulasi  benda  atau  kegiatan  yang  memerlukan  koordinasi  saraf  dan
          koordinasi  badan  (Davies,  1986:  97).  Kibler,  Barket,  dan  Miles  (1970)
          mengemukakan taksonomi ranah tujuan psikomotorik sebagai beriku:
          1.  Gerakan  tubuh  yang  mencolok,  merupakan  kemampuan  gerakan  tubuh
              yang  menekankan  kepada  kekuatan,  kecepatan,  dan  ketepatan  tubuh
              yang mencolok (Gagne dan Berliner, 1984: 59). Untuk gerakan tubuh yang
              mencolok, siswa harus mampu menunjukkan gerakan yang menggunakan
              kekuatan  tubuh,  gerakan  yang  memerlukan  kecepatan  tubuh,  gerakan
              yang memerlukan ketepatan posisi tubuh, atau gerakan yang memerlukan
              kekuatan, kecepatan, dan/atau ketepatan gerakan tubuh.
              Contoh:
              Lempar masukkan bola-basket ke arah keranjang dengan jarak 5 m dan 15
              derajat ke kanan keranjang.
              Contoh  soal  yang  harus  dikerjakan  siswa  tersebut  memerlukan  gerakan
              tubuh yang tepat dan kekuatan yang terkontrol.
          2.  Ketepatan gerakan yang dikoordinasikan, merupakan keterampilan yang
              berhubungan dengan urutan atau pola dari gerakan yang dikoordinasikan,
              biasanya  berhubungan  dengan  gerakan  mata,  telinga,  dan  badan  (Gage
              dan Berliner, 1984: 59). Dalam gerakan yang dikoordinasikan, siswa harus
              mampu  menunjukkan  gerakan-gerakan  berdasarkan  gerakan  yang
              dicontohkan, dan/atau gerakan yang diperintahkan secara lisan.
              Contoh:
              Ikuti gerakan yang dilakukan oleh instruktur sesuai dengan perintah dan
              hitungan yang diberikan!
          3.  Perangkat  komunikasi  nonverbal,  merupakan  kemampuan  mengadakan
              komunikasi tanpa kata (Gage dan Berliner, 1984 : 59). Dalam perangkat
              komunikasi nonverbal ini, siswa diminta untuk menunjukkan kemampuan
              berkomunikasi menggunakan bantuan gerakan tubuh dengan atau tanpa
              menggunakan  alat  bantu.  Komunikasi  yang  dilakukan  benar-benar  tidak
              menggunakan bantuan kemampuan verbal.
              Contoh:
              Lakukanlah pantomim yang mencerminkan orang berjualan sate!
          4.  Kemampuan  berbicara,  merupakan  kemampuan  yang  berhubungan
              dengan  komunikasi  secara  lisan  (Gage  dan  Berliner,  1984:  59).  Untuk

                                    Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 115
   117   118   119   120   121   122   123   124   125   126   127