Page 119 - Belajar & Pembelajaran
P. 119

A.                                   B.










              C.                                 D.


          3.  Penggunaan/penerapan,    merupakan     kemampuan      menggunakan
              generalisasi  atau  abstraksi  lainnya  yang  sesuai  dalam  situasi  konkret
              dan/atau situasi baru (Davies, 1986: 100). Untuk penggunaan/penerapan,
              siswa  dituntut  memiliki  kemampuan  untuk  menyeleksi  atau  memilih
              generalisasi/abstraksi  tertentu  (konsep,  hukum,  dalil,  aturan,  gagasan,
              cara)  secara  tepat  untuk  diterapkan  dalam  suatu  situasi  baru  dan
              menerapkannya secara benar (Arikunto, 1990: 114).
              Contoh:
              Jika  x  dan  y  anggota  himpunan  bilangan  real,  gambarlah  garis  dengan
              persamaan y = 1/2 x + 5

          4.  Analisis,  merupakan  kemampuan  menjabarkan  isi  pelajaran  ke  bagian-
              bagian  yang  menjadi  unsur  pokok.  Untuk  analisis,  siswa  diminta  untuk
              menganalisis  hubungan  atau  situasi  yang  kompleks  atau  konsep-konsep
              dasar (Arikunto, 1990: 114).
              Contoh:
              Mengapa  tidak  semua  getaran  atau  bunyi  dapat  didengar  oleh  telinga
              manusia?   (sebelumnya    telah   disampaikan   pelajaran   tentang
              getaran/bunyi)

          5.  Sintesis, merupakan kemampuan menggabungkan unsur-unsur pokok ke
              dalam  struktur  yang  baru  (Davies,  1986:  100).  Dalam  sintesis,  siswa
              diminta untuk melakukan generalisasi (Arikunto, 1990 : 115).
              Contoh:


          112 | Belajar dan Pembelajaran
   114   115   116   117   118   119   120   121   122   123   124