Page 119 - Belajar & Pembelajaran
P. 119
A. B.
C. D.
3. Penggunaan/penerapan, merupakan kemampuan menggunakan
generalisasi atau abstraksi lainnya yang sesuai dalam situasi konkret
dan/atau situasi baru (Davies, 1986: 100). Untuk penggunaan/penerapan,
siswa dituntut memiliki kemampuan untuk menyeleksi atau memilih
generalisasi/abstraksi tertentu (konsep, hukum, dalil, aturan, gagasan,
cara) secara tepat untuk diterapkan dalam suatu situasi baru dan
menerapkannya secara benar (Arikunto, 1990: 114).
Contoh:
Jika x dan y anggota himpunan bilangan real, gambarlah garis dengan
persamaan y = 1/2 x + 5
4. Analisis, merupakan kemampuan menjabarkan isi pelajaran ke bagian-
bagian yang menjadi unsur pokok. Untuk analisis, siswa diminta untuk
menganalisis hubungan atau situasi yang kompleks atau konsep-konsep
dasar (Arikunto, 1990: 114).
Contoh:
Mengapa tidak semua getaran atau bunyi dapat didengar oleh telinga
manusia? (sebelumnya telah disampaikan pelajaran tentang
getaran/bunyi)
5. Sintesis, merupakan kemampuan menggabungkan unsur-unsur pokok ke
dalam struktur yang baru (Davies, 1986: 100). Dalam sintesis, siswa
diminta untuk melakukan generalisasi (Arikunto, 1990 : 115).
Contoh:
112 | Belajar dan Pembelajaran