Page 118 - Belajar & Pembelajaran
P. 118
Mengingat ranah-ranah yang terkandung dalam suatu tujuan pendidikan
merupakan sasaran evaluasi hasil belajar, maka kita perlu mengenalnya secara
lebih terinci. Pengenalan terhadap ranah-ranah tujuan pendidikan akan sangat
membantu pada saat memilih dan/atau menyusun instrumen evaluasi hasil
belajar. Penjelasan dari tiap-tiap ranah tujuan pendidikan, dapat diuraikan
seperti berikut.
Tujuan ranah kognitif berhubungan dengan ingatan atau pengenalan
terhadap pengetahuan dan informasi, serta pengembangan keterampilan
intelektual (Jarolimek dan Foster, 1981: 148). Taksonomi/penggolongan tujuan
ranah kognitif oleh Bloom, mengemukakan adanya enam kelas/tingkat yakni:
1. Pengetahuan, merupakan tingkat terendah tujuan ranah kognitif berupa
pengenalan dan pengingatan kembali terhadap pengetahuan tentang
fakta, istilah, dan prinsip-prinsip dalam bentuk seperti mempelajari
(Davies, 1986:99). Dalam pengenalan, siswa diminta untuk memilih salah
satu dari dua atau lebih pilihan jawaban (Arikunto, 1990: 113).
Contoh:
Kelompok padi yang tumbuh pada sebidang sawah berdasarkan konsep
ekologi merupakan ....
A. species B. ekosistem C. komunitas D. Populasi
Sedangkan untuk pengingatan kembali siswa diminta untuk mengingat
kembali satu atau lebih fakta-fakta yang sederhana (Arikunto, 1990: 113).
Contoh:
Makhluk hidup dan faktor abiotik yang membentuk suatu kesatuan yang
terkoordinasi dan saling membutuhkan disebut ...
2. Pemahaman, merupakan tingkat berikutnya dari tujuan ranah kognitif
berupa kemampuan memahami/mengerti tentang isi pelajaran yang
dipelajari tanpa perlu menghubungkannya dengan isi pelajaran lainnya
(Davies, 1986: 100). Dalam pemahaman, siswa diminta untuk
membuktikan bahwa ia memahami hubungan yang sederhana di antara
fakta-fakta atau konsep (Arikunto, 1990: 113).
Contoh:
Di antara gambar-gambar di bawah ini, yang dapat disebut sebagai segi
tiga sama sisi adalah:
Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 111