Page 118 - Belajar & Pembelajaran
P. 118

Mengingat ranah-ranah yang terkandung dalam suatu tujuan pendidikan
          merupakan sasaran evaluasi hasil belajar, maka kita perlu mengenalnya secara
          lebih terinci. Pengenalan terhadap ranah-ranah tujuan pendidikan akan sangat
          membantu  pada  saat  memilih  dan/atau  menyusun  instrumen  evaluasi  hasil
          belajar.  Penjelasan  dari  tiap-tiap  ranah  tujuan  pendidikan,  dapat  diuraikan
          seperti berikut.
              Tujuan  ranah  kognitif  berhubungan  dengan  ingatan  atau  pengenalan
          terhadap  pengetahuan  dan  informasi,  serta  pengembangan  keterampilan
          intelektual (Jarolimek dan Foster, 1981: 148). Taksonomi/penggolongan tujuan
          ranah kognitif oleh Bloom, mengemukakan adanya enam kelas/tingkat yakni:
          1.  Pengetahuan, merupakan tingkat terendah tujuan ranah kognitif berupa
              pengenalan  dan  pengingatan  kembali  terhadap  pengetahuan  tentang
              fakta,  istilah,  dan  prinsip-prinsip  dalam  bentuk  seperti  mempelajari
              (Davies, 1986:99). Dalam pengenalan, siswa diminta untuk memilih salah
              satu dari dua atau lebih pilihan jawaban (Arikunto, 1990: 113).
              Contoh:
              Kelompok  padi  yang  tumbuh  pada  sebidang  sawah  berdasarkan  konsep
              ekologi merupakan ....
              A. species   B. ekosistem      C. komunitas     D. Populasi
              Sedangkan  untuk  pengingatan  kembali  siswa  diminta  untuk  mengingat
              kembali satu atau lebih fakta-fakta yang sederhana (Arikunto, 1990: 113).
              Contoh:
              Makhluk hidup dan faktor abiotik yang membentuk suatu kesatuan yang
              terkoordinasi dan saling membutuhkan disebut ...

          2.  Pemahaman,  merupakan  tingkat  berikutnya  dari  tujuan  ranah  kognitif
              berupa  kemampuan  memahami/mengerti  tentang  isi  pelajaran  yang
              dipelajari  tanpa  perlu  menghubungkannya  dengan  isi  pelajaran  lainnya
              (Davies,  1986:  100).  Dalam  pemahaman,  siswa  diminta  untuk
              membuktikan bahwa ia memahami hubungan yang sederhana di antara
              fakta-fakta atau konsep (Arikunto, 1990: 113).
              Contoh:
              Di antara gambar-gambar di bawah ini, yang dapat disebut sebagai segi
              tiga sama sisi adalah:











                                    Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 111
   113   114   115   116   117   118   119   120   121   122   123