Page 121 - Belajar & Pembelajaran
P. 121
Contoh:
Andi dan empat temannya mengeroyok Anto yang bersekolah di SMP lain.
Karena merasa untuk membela teman, semua teman Anto se-SMP
menghadap Andi dan kawan-kawannya sehingga terjadi perkelahian
massal. Apakah kamu setuju, apabila yang terlibat perkelahian massal itu
ditahan di sel kantor polisi? Setuju, karena ....
Tidak setuju, karena ....
2. Merespons, merupakan kesempatan untuk menanggapi stimulan dan
merasa terikat serta secara aktif memperhatikan (Davies, 1986: 99). Untuk
merespons, siswa diminta untuk menunjukkan persetujuan, kesediaan,
dan kepuasan dalam merespons.
Contoh:
Setelah mengikuti kegiatan senam aerobik ini, apakah kamu merasa puas
dengan kegiatan ini?
3. Menilai, merupakan kemampuan menilai gejala atau kegiatan sehingga
dengan sengaja merespons lebih lanjut untuk mencari jalan bagaimana
dapat mengambil bagian atas apa yang terjadi (Davies, 1986: 99). Dalam
menilai, siswa dituntut untuk menunjukkan penerimaan terhadap nilai,
kesukaran terhadap nilai, dan keterikatan terhadap nilai.
Contoh:
Suatu hari kamu melihat banyak temanmu laki-laki minum minuman
beralkohol. Bagaimanakah pendapatmu terhadap tindakan teman-
temanmu itu?
4. Mengorganisasi, merupakan kemampuan untuk membentuk suatu sistem
nilai bagi dirinya berdasarkan nilai-nilai yang dipercaya (Davies, 1986: 99).
Untuk menunjukkan kemampuan mengorganisasi ini, siswa diminta untuk
mengorganisasikan nilai-nilai ke suatu organisasi yang lebih besar.
Contoh:
Membantu orang yang sedang mengalami musibah, termasuk dalam
pengamalan sila ke berapa Pancasila?
5. Karakterisasi, merupakan kemampuan untuk mengkonseptualisasikan
masing-masing nilai pada waktu merespons, dengan jalan
mengidentifikasi karakteristik nilai atau membuat pertimbangan-
pertimbangan (Davies, 1986: 99). Dalam karakterisasi ini, siswa diminta
untuk menunjukkan kemampuannya dalam menjelaskan, memberikan
batasan, dan/ atau mempertimbangkan nilai-nilai yang direspons.
Contoh:
Adanya bencana alam di daerah tertentu yang dahsyat menggerakkan
pemerintah untuk menetapkannya sebagai bencana nasional. Banyak
anggota masyarakat yang tergerak hatinya untuk menyumbang korban
114 | Belajar dan Pembelajaran