Page 121 - Belajar & Pembelajaran
P. 121

Contoh:
              Andi dan empat temannya mengeroyok Anto yang bersekolah di SMP lain.
              Karena  merasa  untuk  membela  teman,  semua  teman  Anto  se-SMP
              menghadap  Andi  dan  kawan-kawannya  sehingga  terjadi  perkelahian
              massal. Apakah kamu setuju, apabila yang terlibat perkelahian massal itu
              ditahan di sel kantor polisi? Setuju, karena ....
              Tidak setuju, karena ....
          2.  Merespons,  merupakan  kesempatan  untuk  menanggapi  stimulan  dan
              merasa terikat serta secara aktif memperhatikan (Davies, 1986: 99). Untuk
              merespons,  siswa  diminta  untuk  menunjukkan  persetujuan,  kesediaan,
              dan kepuasan dalam merespons.
              Contoh:
              Setelah mengikuti kegiatan senam aerobik ini, apakah kamu merasa puas
              dengan kegiatan ini?
          3.  Menilai,  merupakan  kemampuan  menilai  gejala  atau  kegiatan  sehingga
              dengan  sengaja  merespons  lebih  lanjut  untuk  mencari  jalan  bagaimana
              dapat mengambil bagian atas apa yang terjadi (Davies, 1986: 99). Dalam
              menilai,  siswa  dituntut  untuk  menunjukkan  penerimaan  terhadap  nilai,
              kesukaran terhadap nilai, dan keterikatan terhadap nilai.
              Contoh:
              Suatu  hari  kamu  melihat  banyak  temanmu  laki-laki  minum  minuman
              beralkohol.  Bagaimanakah  pendapatmu  terhadap  tindakan  teman-
              temanmu itu?
          4.  Mengorganisasi, merupakan kemampuan untuk membentuk suatu sistem
              nilai bagi dirinya berdasarkan nilai-nilai yang dipercaya (Davies, 1986: 99).
              Untuk menunjukkan kemampuan mengorganisasi ini, siswa diminta untuk
              mengorganisasikan nilai-nilai ke suatu organisasi yang lebih besar.
              Contoh:
              Membantu  orang  yang  sedang  mengalami  musibah,  termasuk  dalam
              pengamalan sila ke berapa Pancasila?
          5.  Karakterisasi,  merupakan  kemampuan  untuk  mengkonseptualisasikan
              masing-masing   nilai   pada   waktu   merespons,   dengan    jalan
              mengidentifikasi  karakteristik  nilai  atau  membuat  pertimbangan-
              pertimbangan  (Davies,  1986:  99).  Dalam  karakterisasi  ini,  siswa  diminta
              untuk  menunjukkan  kemampuannya  dalam  menjelaskan,  memberikan
              batasan, dan/ atau mempertimbangkan nilai-nilai yang direspons.
              Contoh:
              Adanya  bencana  alam  di  daerah  tertentu  yang  dahsyat  menggerakkan
              pemerintah  untuk  menetapkannya  sebagai  bencana  nasional.  Banyak
              anggota  masyarakat  yang  tergerak  hatinya  untuk  menyumbang  korban

          114 | Belajar dan Pembelajaran
   116   117   118   119   120   121   122   123   124   125   126