Page 124 - Belajar & Pembelajaran
P. 124

dikemukakan  oleh  Nurkancana  (1986:  18-19).  Lebih  lanjut  Nurkancana
          mengemukakan  bahwa  seorang  evaluator  harus  mempertanyakan:  "Apakah
          tujuan  evaluasi  yang  akan  saya  lakukan  ini?"  Ini  berarti  seorang  evaluator
          harus  mampu  menjabarkan  sasaran  dari  evaluasi  hasil  belajar  yang  akan
          dilakukannya.
              Menggambarkan  informasi  yang  dibutuhkan  merupakan  kegiatan  yang
          berikutnya dalam persiapan evaluasi hasil belajar. Pada tahapan ini, evaluator
          mendeskripsikan  secara  rinci  segala  informasi  yang  dibutuhkan  untuk
          mencapai tujuan atau sasaran evaluasi hasil belajar. Perincian informasi yang
          dibutuhkan tersebut merupakan aspek-aspek yang terkandung dalam sasaran
          evaluasi hasil belajar. Suatu misal, evaluator melaksanakan tindakan evaluasi
          hasil  belajar  dengan  tujuan  untuk  memeriksa  pengetahuan  siswa  tentang
          makanan sehat yang diklasifikasikan menjadi pengetahuan fakta, pemahaman,
          dan  aplikasinya.  Untuk  itu,  aspek-aspek  yang  akan  dievaluasi  dengan
          sendirinya merupakan manifestasi dari pengetahuan fakta, pemahaman, dan
          aplikasi tersebut (Nurkancana, 1986: 22). Tahapan menggambarkan informasi
          yang  dilaksanakan  oleh  evaluator,  dapat  disebut  juga  sebagai  tahapan
          menetapkan aspek-aspek yang dievaluasi.
              Langkah terakhir dari persiapan evaluasi hasil belajar adalah menetapkan
          informasi yang sudah tersedia. Yang dimaksud adalah menetapkan informasi
          yang sudah tersedia pada sumber-sumber informasi yang digunakan. Kegiatan
          ini dimaksudkan agar tidak terjadi pengulangan pengumpulan informasi pada
          tahapan  berikutnya.  Adanya  deskripsi  informasi  yang  tersedia,  juga
          memudahkan  penyusunan  instrumen  evaluasi  hasil  belajar  baik  tes  maupun
          non-tes.

          b.  Penyusunan Instrumen Evaluasi
              Untuk  melaksanakan  evaluasi  hasil  belajar,  tentunya  kita  memerlukan
          instrumen/alat yang akan kita gunakan untuk mengumpulkan informasi/data
          yang  kita  butuhkan.  Instrumen  evaluasi  hasil  belajar  yang  disebut  juga  alat
          penilaian yang akan digunakan, tergantung dari metode/teknik evaluasi yang
          dipakai,  apakah  teknik  tes  atau  teknik  bukan  tes  (non-tes)?  Apabila
          menggunakan teknik tes maka alat penilaiannya berupa tes, sedangkan teknik
          non-tes  alat  penilaiannya  berupa  macam-macam  alat  penilaian  non-tes.
          Setelah jelas tentang teknik evaluasi hasil belajar dan alat penilaiannya, maka
          seorang evaluator dapat melaksanakan penyusunan alat penilaian. Berikut ini
          akan diuraikan prosedur penyusunan alat penilaian secara garis besar.





                                    Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 117
   119   120   121   122   123   124   125   126   127   128   129