Page 129 - Belajar & Pembelajaran
P. 129

c.  Pelaksanaan Pengukuran
              Pelaksanaan pengukuran untuk teknik tes maupun teknik non tes hampir
          sama,  oleh  karena  itu  akan  diuraikan  pelaksanaannya  secara  umum.  Perlu
          diingat  bahwa  kegiatan  pengukuran  tidak  selalu  dilaksanakan  dalam  proses
          evaluasi. Adapun prosedur pelaksanaan pengukuran adalah sebagai berikut:
          1.  Persiapan  tempat  pelaksanaan  pengukuran,  yakni  suatu  kegiatan  untuk
              mempersiapkan  ruangan  yang  memenuhi  syarat-syarat  pelaksanaan
              pengukuran yang meliputi syarat penerangan, luas ruangan, dan tingkat
              kebisingan.  Penerangan  yang  kurang  baik  dalam  ruang  yang  digunakan
              untuk  pelaksanaan  pengukuran  akan  menyebabkan  responden  (siswa)
              yang  sedang  dikenai  pengukuran  akan  mengalami  hambatan  dalam
              membaca butir soal dan dalam menulis jawaban. Sedangkan persyaratan
              luas ruangan diperlukan agar ada jarak yang cukup antara siswa yang satu
              dengan  yang  lain,  sehingga  tidak  memancing  terjadinya  kecurangan.
              Tingkat kebisingan yang berlebihan dari luar ruangan akan mengganggu
              konsentrasi siswa sehingga hasil evaluasi tidak menggambarkan keadaan
              yang sebenarnya.
          2.  Melancarkan  pengukuran,  yakni  kegiatan  evaluasi  yang  melaksanakan
              pengukuran terhadap siswa dengan bentuk kegiatan sebagai berikut:
              •  Memberitahukan peraturan pelaksanaan pengukuran,
              •  Membagikan  lembar  soal  dan  lembar  jawaban,  atau  melakukan
                 pengamatan,  atau  melakukan  wawancara,  atau  membagikan  daftar
                 cocok,
              •  Mengawasi kedisiplinan siswa dalam mematuhi peraturan pelaksanaan
                 pengukuran, dan
              •  Mengumpulkan lembar jawaban dan lembar soal.
          3.  Menata dan mengadministrasikan lembar soal dan lembar jawaban siswa
              untuk memudahkan penskoran.

          d.  Pengolahan Hasil Penilaian
              Dari  pelaksanaan  penilaian  (melalui  pengukuran  atau  tidak)  dapat
          dikumpulkan  sejumlah  data  atau  informasi  yang  dibutuhkan  dalam  evaluasi
          hasil  belajar.  Data  yang  terkumpul  dari  penilaian  dengan  teknik  tes  akan
          berupa  data  kuantitatif,  sedangkan  teknik  non-tes  akan  menjaring  data
          kualitatif  maupun  kuantitatif  sekaligus.  Data  yang  terkumpul  baik  melalui
          teknik tes maupun teknik non tes merupakan data mentah yang memerlukan
          pengolahan  lebih  lanjut.  Kegiatan mengolah  data yang  berhasil  dikumpulkan
          melalui  kegiatan  penilaian  inilah  yang  disebut  kegiatan  pengolahan  hasil
          penilaian.


          122 | Belajar dan Pembelajaran
   124   125   126   127   128   129   130   131   132   133   134