Page 129 - Belajar & Pembelajaran
P. 129
c. Pelaksanaan Pengukuran
Pelaksanaan pengukuran untuk teknik tes maupun teknik non tes hampir
sama, oleh karena itu akan diuraikan pelaksanaannya secara umum. Perlu
diingat bahwa kegiatan pengukuran tidak selalu dilaksanakan dalam proses
evaluasi. Adapun prosedur pelaksanaan pengukuran adalah sebagai berikut:
1. Persiapan tempat pelaksanaan pengukuran, yakni suatu kegiatan untuk
mempersiapkan ruangan yang memenuhi syarat-syarat pelaksanaan
pengukuran yang meliputi syarat penerangan, luas ruangan, dan tingkat
kebisingan. Penerangan yang kurang baik dalam ruang yang digunakan
untuk pelaksanaan pengukuran akan menyebabkan responden (siswa)
yang sedang dikenai pengukuran akan mengalami hambatan dalam
membaca butir soal dan dalam menulis jawaban. Sedangkan persyaratan
luas ruangan diperlukan agar ada jarak yang cukup antara siswa yang satu
dengan yang lain, sehingga tidak memancing terjadinya kecurangan.
Tingkat kebisingan yang berlebihan dari luar ruangan akan mengganggu
konsentrasi siswa sehingga hasil evaluasi tidak menggambarkan keadaan
yang sebenarnya.
2. Melancarkan pengukuran, yakni kegiatan evaluasi yang melaksanakan
pengukuran terhadap siswa dengan bentuk kegiatan sebagai berikut:
• Memberitahukan peraturan pelaksanaan pengukuran,
• Membagikan lembar soal dan lembar jawaban, atau melakukan
pengamatan, atau melakukan wawancara, atau membagikan daftar
cocok,
• Mengawasi kedisiplinan siswa dalam mematuhi peraturan pelaksanaan
pengukuran, dan
• Mengumpulkan lembar jawaban dan lembar soal.
3. Menata dan mengadministrasikan lembar soal dan lembar jawaban siswa
untuk memudahkan penskoran.
d. Pengolahan Hasil Penilaian
Dari pelaksanaan penilaian (melalui pengukuran atau tidak) dapat
dikumpulkan sejumlah data atau informasi yang dibutuhkan dalam evaluasi
hasil belajar. Data yang terkumpul dari penilaian dengan teknik tes akan
berupa data kuantitatif, sedangkan teknik non-tes akan menjaring data
kualitatif maupun kuantitatif sekaligus. Data yang terkumpul baik melalui
teknik tes maupun teknik non tes merupakan data mentah yang memerlukan
pengolahan lebih lanjut. Kegiatan mengolah data yang berhasil dikumpulkan
melalui kegiatan penilaian inilah yang disebut kegiatan pengolahan hasil
penilaian.
122 | Belajar dan Pembelajaran