Page 134 - Belajar & Pembelajaran
P. 134

Sumber  belajar  disebut  unsur  dinamis  pembelajaran  karena  setiap
          perubahan yang terjadi pada salah satu sumber belajar akan mengakibatkan
          terjadinya perubahan pada kegiatan pembelajaran. Selain itu, pembahan pada
          satu  sumber  belajar  akan  mengakibatkan  sumber  belajar  lain  menyesuaikan
          dengan perubahan yang terjadi.
              Pesan  dapat  diartikan  sebagai  informasi  yang  disampaikan  oleh  sumber
          belajar atau komponen sistem instruksional yang lain dan berbentuk gagasan,
          fakta, makna, dan data (AECT, 1986: 195). Pesan dapat juga disebut sebagai isi
          pelajaran  bidang  studi/mata  pelajaran.  Dengan  demikian  pesan  haruslah
          bersesuaian dengan tujuan pengajaran.
              Orang  sebagai  sumber  belajar  adalah  orang  yang  bertindak  sebagai
          penyimpanan  dan/atau  penyalur  pesan  (AECT,  1986:  10).  Yang  termasuk
          sumber  belajar  orang  dalam  kegiatan  pembelajaran  adalah  guru,  siswa,
          dan/atau orang lain yang diminta berundak sebagai narasumber.
              Bahan  adalah  barang-barang  (lazim  disebut  perangkat  lunak)  yang
          biasanya berisikan pesan untuk disampaikan dengan menggunakan peralatan,
          kadang-kadang  bahan  itu  sendiri  sudah  merupakan  bentuk  penyajian  (AECT,
          1986: 10).
              Bahan  sebagai  sumber  belajar  dapat  berupa  pita  audio,  program
          pembelajaran komputer, peta, buku teks, dan yang sejenis lainnya.
              Alat  merupakan  barang-barang  (lazim  disebut  perangkat  keras)  yang
          digunakan  untuk  menyampaikan  pesan  yang  terdapat  dalam  bahan  (AECT,
          1986: 10). Termasuk alat sebagai sumber belajar ini di antaranya adalah video
          tape  recorder  (VTR),  proyektor  slide,  pesawat  radio,  pesawat  televisi,  dan
          komputer.
              Teknik  adalah  prosedur  atau  langkah-langkah  tertentu  dalam
          menggunakan bahan, alat, tata tempat, dan orang untuk menyampaikan pesan
          (AECT,  1986:  10).  Teknik  dapat  berupa  pembelajaran  berbantuan  komputer,
          pendekatan CBSA, diskusi, pembelajaran individual, dan yang lain.
              Latar  merupakan  sumber  belajar  berupa  lingkungan  tempat  pesan
          diterima oleh siswa (AECT, 1986: 10). Latar dapat berupa lingkungan fisik dan
          lingkungan non-fisik. Perpustakaan, laboratorium, ruang kelas, tempat duduk,
          dan meja merupakan contoh lingkungan fisik. Sedangkan lingkungan non-fisik
          dapat  berupa  sirkulasi  udara,  penerangan  ruang,  akustik  ruangan,  dan  yang
          lain.
              Adanya  interaksi  antara  sumber  belajar  sebagai  unsur  dinamis
          pembelajaran dengan siswa akan mewujudkan pelaksanaan pembelajaran.




                                    Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 127
   129   130   131   132   133   134   135   136   137   138   139