Page 134 - Belajar & Pembelajaran
P. 134
Sumber belajar disebut unsur dinamis pembelajaran karena setiap
perubahan yang terjadi pada salah satu sumber belajar akan mengakibatkan
terjadinya perubahan pada kegiatan pembelajaran. Selain itu, pembahan pada
satu sumber belajar akan mengakibatkan sumber belajar lain menyesuaikan
dengan perubahan yang terjadi.
Pesan dapat diartikan sebagai informasi yang disampaikan oleh sumber
belajar atau komponen sistem instruksional yang lain dan berbentuk gagasan,
fakta, makna, dan data (AECT, 1986: 195). Pesan dapat juga disebut sebagai isi
pelajaran bidang studi/mata pelajaran. Dengan demikian pesan haruslah
bersesuaian dengan tujuan pengajaran.
Orang sebagai sumber belajar adalah orang yang bertindak sebagai
penyimpanan dan/atau penyalur pesan (AECT, 1986: 10). Yang termasuk
sumber belajar orang dalam kegiatan pembelajaran adalah guru, siswa,
dan/atau orang lain yang diminta berundak sebagai narasumber.
Bahan adalah barang-barang (lazim disebut perangkat lunak) yang
biasanya berisikan pesan untuk disampaikan dengan menggunakan peralatan,
kadang-kadang bahan itu sendiri sudah merupakan bentuk penyajian (AECT,
1986: 10).
Bahan sebagai sumber belajar dapat berupa pita audio, program
pembelajaran komputer, peta, buku teks, dan yang sejenis lainnya.
Alat merupakan barang-barang (lazim disebut perangkat keras) yang
digunakan untuk menyampaikan pesan yang terdapat dalam bahan (AECT,
1986: 10). Termasuk alat sebagai sumber belajar ini di antaranya adalah video
tape recorder (VTR), proyektor slide, pesawat radio, pesawat televisi, dan
komputer.
Teknik adalah prosedur atau langkah-langkah tertentu dalam
menggunakan bahan, alat, tata tempat, dan orang untuk menyampaikan pesan
(AECT, 1986: 10). Teknik dapat berupa pembelajaran berbantuan komputer,
pendekatan CBSA, diskusi, pembelajaran individual, dan yang lain.
Latar merupakan sumber belajar berupa lingkungan tempat pesan
diterima oleh siswa (AECT, 1986: 10). Latar dapat berupa lingkungan fisik dan
lingkungan non-fisik. Perpustakaan, laboratorium, ruang kelas, tempat duduk,
dan meja merupakan contoh lingkungan fisik. Sedangkan lingkungan non-fisik
dapat berupa sirkulasi udara, penerangan ruang, akustik ruangan, dan yang
lain.
Adanya interaksi antara sumber belajar sebagai unsur dinamis
pembelajaran dengan siswa akan mewujudkan pelaksanaan pembelajaran.
Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 127