Page 137 - Belajar & Pembelajaran
P. 137

b.  Penyusunan Instrumen
              Setelah   seorang    evaluator   menyusun     rancangan    evaluasi
          pembelajarannya  yakni  peta  kegiatan  yang  akan  dilakukan  selami  kegiatan
          evaluasi  pembelajaran,  maka  tahapan  berikutnya  adalah  penyusunan
          instrumen  evaluasi  pembelajaran.  Menurut  Arikunto  (198K:  48-49)  langkah-
          langkah penyusunan instrumen adalah:
          1)  Merumuskan  tujuan  yang  akan  dicapai  dengan  instrumen  yang  akan
              disusun,
          2)  Membuat  kisi-kisi  yang  mencanangkan  tentang  perincian  variabel  dan
              jenis  instrumen  yang  akan  digunakan  untuk  mengukur  bagian  variabel
              yang bersangkutan,
          3)  Membuat  butir-butir  instrumen  evaluasi  pembelajaran  yang  dibuat
              berdasarkan kisi-kisi, dan
          4)  Menyunting    instrumen   evaluasi   pembelajaran   yang   meliputi:
              mengurutkan  butir  menurut  sistematika  yang  dikehendaki  evaluator
              untuk  mempermudah  pengolahan  data,  menuliskan  petunjuk  pengisian
              dan  identitas  serta  yang  lain,  dan  membuat  pengantar  pengisian
              instrumen.

              Semua  langkah  yang  dilaksanakan  dalam  penyusunan  instrumen  di  atas
          berisikan kegiatan seperti yang telah direncanakan dalam rancangan evaluasi
          pembelajaran.

          c.  Pengumpulan Data.
              Setelah  instrumen  evaluasi  pembelajaran  siap  pakai,  maka  langkah
          berikutnya  adalah  datang  kepada  sumber  data  untuk  mengumpulkan
          data/informasi  yang  diperlukan.  Dalam  pengumpulan  data  dapat  diterapkan
          berbagai teknik pengumpulan data di antaranya adalah kuesioner, wawancara,
          pengamatan,  dan  studi  kasus.  Setiap  teknik  pengumpulan  data  mempunyai
          prosedur yang berbeda-beda seperti dibahas berikut ini.
          1)  Kuesioner  yakni  seperangkat  pertanyaan  tertulis  yang  diberikan  kepada
              seseorang untuk mengungkap pendapat, keadaan, kesan yang ada pada
              diri orang tersebut maupun di luar dirinya (Arikunto, 1988: 53). Orang di
              sini adalah semua orang yang terlibat langsung atau tidak langsung dalam
              kegiatan pembelajaran yang diminta mengisi kuesioner, misalnya : guru,
              siswa, orang tua, pengawas sekolah atau kepala sekolah, dan orang -orang
              lainnya.
              Kegiatan  yang  sebaiknya  dilakukan  oleh  evaluator  dalam  menerapkan
              teknik kuesioner ini adalah:



          130 | Belajar dan Pembelajaran
   132   133   134   135   136   137   138   139   140   141   142