Page 136 - Belajar & Pembelajaran
P. 136
3. Prosedur Evaluasi Pembelajaran
Sebelum membahas tentang prosedur evaluasi pembelajaran, perlu
kiranya kita tahu terlebih dahulu tentang siapa yang berhak menjadi evaluator
pembelajaran? Ditinjau dari sasaran evaluasi pembelajaran dapat kiranya kita
bayangkan banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan oleh evaluator. Oleh
karena itulah dapat diungkapkan bahwa evaluator dalam evaluasi
pembelajaran adalah suatu tim yang mempunyai peran penting dalam
memberikan informasi mengenai keberhasilan pembelajaran (dimodifikasi dari
Arikunto, 1988: 7). Yang berhak menjadi tim evaluator adalah orang-orang
yang telah memenuhi berbagai persyaratan yang ditentukan.
Prosedur evaluasi pembelajaran terdiri dari lima tahapan, yakni
penyusunan rancangan (desain), penyusunan instrumen, pengumpulan data,
analisis data, dan penyusunan laporan evaluasi pembelajaran. Kita dapat
mempelajari prosedur evaluasi pembelajaran melalui pembahasan berikut ini.
a. Penyusunan Rancangan
Secara garis besar desain evaluasi pembelajaran berisi hal-hal yang sama
dengan yang tertera dalam desain penelitian, yakni meliputi latar belakang,
problematika, tujuan evaluasi, populasi dan sampel, instrumen dan sumber
data, serta teknik analisis data (Arikunto, 1988: 44). Untuk memperjelas
penyusunan rancangan evaluasi pembelajaran, akan diuraikan secara singkat
tiap-tiap langkah kegiatannya;
1) Menyusun latar belakang yang berisikan dasar pemikiran dan/atau
rasional penyelenggaraan evaluasi.
2) Problematika berisikan rumusan permasalahan/problematika yang akan
dicari jawabannya baik secara umum maupun terinci.
3) Tujuan evaluasi merupakan rumusan yang sesuai dengan problematika
evaluasi pembelajaran, yakni perumusan tujuan umum dan tujuan khusus.
4) Populasi dan sampel, yakni sejumlah komponen pembelajaran yang
dikenai evaluasi pembelajaran dan/atau yang dimintai informasi dalam
kegiatan evaluasi pembelajaran.
5) Instrumen adalah semua jenis alat pengumpulan informasi yang
diperlukan sesuai dengan teknik pengumpulan data yang diterapkan
dalam evaluasi pembelajaran.
6) Sumber data adalah dokumen, kegiatan, atau orang yang dapat
memberikan informasi atau data yang diperlukan.
7) Teknik analisis data, yakni cara/teknik yang digunakan untuk menganalisis
data yang disesuaikan dengan bentuk problematik dan jenis data.
(Arikunto, 1988: 44-47.)
Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 129