Page 136 - Belajar & Pembelajaran
P. 136

3.  Prosedur Evaluasi Pembelajaran
              Sebelum  membahas  tentang  prosedur  evaluasi  pembelajaran,  perlu
          kiranya kita tahu terlebih dahulu tentang siapa yang berhak menjadi evaluator
          pembelajaran? Ditinjau dari sasaran evaluasi pembelajaran dapat kiranya kita
          bayangkan  banyaknya  pekerjaan  yang  harus  dilakukan  oleh  evaluator.  Oleh
          karena  itulah  dapat  diungkapkan  bahwa  evaluator  dalam  evaluasi
          pembelajaran  adalah  suatu  tim  yang  mempunyai  peran  penting  dalam
          memberikan informasi mengenai keberhasilan pembelajaran (dimodifikasi dari
          Arikunto,  1988:  7).  Yang  berhak  menjadi  tim  evaluator  adalah  orang-orang
          yang telah memenuhi berbagai persyaratan yang ditentukan.
              Prosedur  evaluasi  pembelajaran  terdiri  dari  lima  tahapan,  yakni
          penyusunan  rancangan  (desain),  penyusunan  instrumen,  pengumpulan  data,
          analisis  data,  dan  penyusunan  laporan  evaluasi  pembelajaran.  Kita  dapat
          mempelajari prosedur evaluasi pembelajaran melalui pembahasan berikut ini.
          a.  Penyusunan Rancangan
              Secara garis besar desain evaluasi pembelajaran berisi hal-hal yang sama
          dengan  yang  tertera  dalam  desain  penelitian,  yakni  meliputi  latar  belakang,
          problematika,  tujuan  evaluasi,  populasi  dan  sampel,  instrumen  dan  sumber
          data,  serta  teknik  analisis  data  (Arikunto,  1988:  44).  Untuk  memperjelas
          penyusunan rancangan evaluasi pembelajaran, akan diuraikan secara singkat
          tiap-tiap langkah kegiatannya;
          1)  Menyusun  latar  belakang  yang  berisikan  dasar  pemikiran  dan/atau
              rasional penyelenggaraan evaluasi.
          2)  Problematika  berisikan  rumusan  permasalahan/problematika  yang  akan
              dicari jawabannya baik secara umum maupun terinci.
          3)  Tujuan  evaluasi  merupakan  rumusan  yang  sesuai  dengan  problematika
              evaluasi pembelajaran, yakni perumusan tujuan umum dan tujuan khusus.
          4)  Populasi  dan  sampel,  yakni  sejumlah  komponen  pembelajaran  yang
              dikenai  evaluasi  pembelajaran  dan/atau  yang  dimintai  informasi  dalam
              kegiatan evaluasi pembelajaran.
          5)  Instrumen  adalah  semua  jenis  alat  pengumpulan  informasi  yang
              diperlukan  sesuai  dengan  teknik  pengumpulan  data  yang  diterapkan
              dalam evaluasi pembelajaran.
          6)  Sumber  data  adalah  dokumen,  kegiatan,  atau  orang  yang  dapat
              memberikan informasi atau data yang diperlukan.
          7)  Teknik analisis data, yakni cara/teknik yang digunakan untuk menganalisis
              data  yang  disesuaikan  dengan  bentuk  problematik  dan  jenis  data.
              (Arikunto, 1988: 44-47.)



                                    Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 129
   131   132   133   134   135   136   137   138   139   140   141