Page 135 - Belajar & Pembelajaran
P. 135

d.  pelaksanaan pembelajaran.
              Dalam hal ini pelaksanaan pembelajaran diartikan sebagai interaksi antara
          sumber  belajar  dengan  siswa.  Dengan  demikian  dalam  mengevaluasi
          pelaksanaan  pembelajaran,  kita  sebenarnya  menentukan  seberapa  derajat
          interaksi  antara  siswa  dengan  setiap  sumber  belajar  dan  seberapa  derajat
          interaksi  sumber  belajar  dengan  tujuan  pengajaran.  Sasaran  evaluasi
          pembelajaran  dalam  pelaksanaan  pembelajaran  secara  lebih  terperinci  di
          antaranya adalah:
          -   Kesesuaian pesan dengan tujuan pengajaran.
          -   Kesesuaian konsekuensi penyajian pesan kepada siswa.
          -   Kesesuaian bahan dan alat dengan pesan dan tujuan pengajaran.
          -   Kemampuan guru menggunakan bahan dan alat dalam pembelajaran.
          -   Kemampuan guru menggunakan teknik pembelajaran.
          -   Kesesuaian teknik pembelajaran dengan pesan dan tujuan pengajaran.
          -   Interaksi siswa dengan siswa lain.
          -   Interaksi guru dengan siswa.

          e.  Sasaran evaluasi pembelajaran yang berikutnya adalah kurikulum.
              Dalam  hal  ini,  kurikulum  dipandang  sebagai  rencana  tertulis  yakni
          seperangkat  komponen  pembelajaran  yang  diuraikan  secara  tertulis  pada
          bahan tercetak atau buku. Kurikulum sebagai sasaran evaluasi pembelajaran
          akan meliputi:
          -   Tersedianya dan sekaligus kelengkapan komponen kurikulum.
          -   Pemahaman  terhadap  prinsip-prinsip  pengembangan  dan  pelaksanaan
              kurikulum.
          -   Pemahaman  terhadap  tujuan  kelembagaan  atau  tujuan  institusional
              sekolah.
          -   Pemahaman terhadap struktur program kurikulum.
          -   Pemahaman terhadap GBPP.
          -   Pemahaman terhadap teknik pembelajaran.
          -   Pemahaman terhadap sistem evaluasi.
          -   Pemahaman terhadap pembinaan guru.
          -   Pemahaman terhadap bimbingan siswa.

              Demikianlah  sasaran  evaluasi  pembelajaran  yang  meliputi  tujuan
          pengajaran,  unsur  dinamis  pembelajaran,  pelaksanaan  pembelajaran,  dan
          kurikulum. Sasaran evaluasi tersebut harus dijabarkan ke dalam deskriptor dan
          indikator pada instrumen evaluasi pembelajaran yang akan digunakan dalam
          prosedur evaluasi pembelajaran.


          128 | Belajar dan Pembelajaran
   130   131   132   133   134   135   136   137   138   139   140