Page 135 - Belajar & Pembelajaran
P. 135
d. pelaksanaan pembelajaran.
Dalam hal ini pelaksanaan pembelajaran diartikan sebagai interaksi antara
sumber belajar dengan siswa. Dengan demikian dalam mengevaluasi
pelaksanaan pembelajaran, kita sebenarnya menentukan seberapa derajat
interaksi antara siswa dengan setiap sumber belajar dan seberapa derajat
interaksi sumber belajar dengan tujuan pengajaran. Sasaran evaluasi
pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran secara lebih terperinci di
antaranya adalah:
- Kesesuaian pesan dengan tujuan pengajaran.
- Kesesuaian konsekuensi penyajian pesan kepada siswa.
- Kesesuaian bahan dan alat dengan pesan dan tujuan pengajaran.
- Kemampuan guru menggunakan bahan dan alat dalam pembelajaran.
- Kemampuan guru menggunakan teknik pembelajaran.
- Kesesuaian teknik pembelajaran dengan pesan dan tujuan pengajaran.
- Interaksi siswa dengan siswa lain.
- Interaksi guru dengan siswa.
e. Sasaran evaluasi pembelajaran yang berikutnya adalah kurikulum.
Dalam hal ini, kurikulum dipandang sebagai rencana tertulis yakni
seperangkat komponen pembelajaran yang diuraikan secara tertulis pada
bahan tercetak atau buku. Kurikulum sebagai sasaran evaluasi pembelajaran
akan meliputi:
- Tersedianya dan sekaligus kelengkapan komponen kurikulum.
- Pemahaman terhadap prinsip-prinsip pengembangan dan pelaksanaan
kurikulum.
- Pemahaman terhadap tujuan kelembagaan atau tujuan institusional
sekolah.
- Pemahaman terhadap struktur program kurikulum.
- Pemahaman terhadap GBPP.
- Pemahaman terhadap teknik pembelajaran.
- Pemahaman terhadap sistem evaluasi.
- Pemahaman terhadap pembinaan guru.
- Pemahaman terhadap bimbingan siswa.
Demikianlah sasaran evaluasi pembelajaran yang meliputi tujuan
pengajaran, unsur dinamis pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan
kurikulum. Sasaran evaluasi tersebut harus dijabarkan ke dalam deskriptor dan
indikator pada instrumen evaluasi pembelajaran yang akan digunakan dalam
prosedur evaluasi pembelajaran.
128 | Belajar dan Pembelajaran