Page 139 - Belajar & Pembelajaran
P. 139
d. Analisis Data
Data atau informasi yang berhasil dikumpulkan selanjutnya diolah dan
dianalisis. Sebagaimana halnya dalam evaluasi hasil belajar, data dapat diolah
secara individual ataupun secara kelompok. Apabila data diolah dan dianalisis
secara individual, maka hasilnya menunjuk kepada seseorang atau suatu
keadaan. Sedangkan pengolahan dan penganalisisan secara kelompok, hasilnya
menunjuk kepada suatu bagian data atau keseluruhan.
Dalam kegiatan evaluasi pembelajaran, analisis data yang paling banyak
dilaksanakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang ditunjang oleh data-data
kuantitatif.
e. Penyusunan Laporan
Setelah melakukan analisis data, seorang evaluator masih harus menyusun
laporan tentang evaluasi pembelajaran yang telah mereka laksanakan. Dalam
laporan evaluasi pembelajaran harus berisikan pokok-pokok berikut.
1. Tujuan evaluasi, yakni tujuan seperti yang disebutkan di dalam rancangan
evaluasi pembelajaran yang didahului dengan latar belakang dan alasan
dilaksanakannya evaluasi.
2. Problematika, berupa pertanyaan-pertanyaan yang telah dicari jawabnya
melalui pengetahuan evaluasi pembelajaran.
3. Lingkup dan metodologi evaluasi pembelajaran yang dicantumkan di sini
adalah unsur-unsur yang dinilai dan hubungan antar variabel, metode
pengumpulan data, instrumen pengumpulan data, teknik analisis data.
Selain itu, dalam metodologi hendaknya diungkapkan pula populasi dan
sampel evaluasi pembelajaran.
4. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran, meliputi:
- Siapa tim evaluator selengkapnya dan jika perlu dengan pembagian
tanggung jawab,
- Penjadwalan pelaksanaan evaluasi, dan
- Kegiatan penyusunan laporan.
5. Hasil evaluasi pembelajaran, yakni berisi tujuan pengajaran, tolok ukur,
data yang diperoleh, dan dilengkapi dengan sejumlah informasi yang
mendorong penemuan evaluasi pembelajaran sehingga dengan mudah
pembuat keputusan dapat memahami tingkat keberhasilan pembelajaran.
(Dimodifikasi dari Arikunto, 1988: 117-118.)
132 | Belajar dan Pembelajaran