Page 139 - Belajar & Pembelajaran
P. 139

d.  Analisis Data
              Data  atau  informasi  yang  berhasil  dikumpulkan  selanjutnya  diolah  dan
          dianalisis. Sebagaimana halnya dalam evaluasi hasil belajar, data dapat diolah
          secara individual ataupun secara kelompok. Apabila data diolah dan dianalisis
          secara  individual,  maka  hasilnya  menunjuk  kepada  seseorang  atau  suatu
          keadaan. Sedangkan pengolahan dan penganalisisan secara kelompok, hasilnya
          menunjuk kepada suatu bagian data atau keseluruhan.
              Dalam kegiatan evaluasi pembelajaran, analisis data yang paling banyak
          dilaksanakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang ditunjang oleh data-data
          kuantitatif.

          e.  Penyusunan Laporan
             Setelah melakukan analisis data, seorang evaluator masih harus menyusun
          laporan tentang evaluasi pembelajaran yang telah mereka laksanakan. Dalam
          laporan evaluasi pembelajaran harus berisikan pokok-pokok berikut.
          1.  Tujuan evaluasi, yakni tujuan seperti yang disebutkan di dalam rancangan
              evaluasi pembelajaran yang didahului dengan latar belakang dan alasan
              dilaksanakannya evaluasi.
          2.  Problematika, berupa pertanyaan-pertanyaan yang telah dicari jawabnya
              melalui pengetahuan evaluasi pembelajaran.
          3.  Lingkup dan metodologi evaluasi pembelajaran yang dicantumkan di sini
              adalah  unsur-unsur  yang  dinilai  dan  hubungan  antar  variabel,  metode
              pengumpulan  data,  instrumen  pengumpulan  data,  teknik  analisis  data.
              Selain itu, dalam metodologi hendaknya diungkapkan pula populasi dan
              sampel evaluasi pembelajaran.
          4.  Pelaksanaan evaluasi pembelajaran, meliputi:
              -  Siapa  tim  evaluator  selengkapnya  dan  jika  perlu  dengan  pembagian
                 tanggung jawab,
              -  Penjadwalan pelaksanaan evaluasi, dan
              -  Kegiatan penyusunan laporan.
          5.  Hasil  evaluasi  pembelajaran,  yakni  berisi  tujuan  pengajaran,  tolok  ukur,
              data  yang  diperoleh,  dan  dilengkapi  dengan  sejumlah  informasi  yang
              mendorong  penemuan  evaluasi  pembelajaran  sehingga  dengan  mudah
              pembuat keputusan dapat memahami tingkat keberhasilan pembelajaran.
              (Dimodifikasi dari Arikunto, 1988: 117-118.)








          132 | Belajar dan Pembelajaran
   134   135   136   137   138   139   140   141   142   143   144