Page 120 - Belajar & Pembelajaran
P. 120

Apabila kamu diberi beberapa alat berikut:
              a.  cermin cekung f = 10 cm (satu buah),
              b.  mistar (100 cm),
              c.  sumber cahaya berupa sebuah lilin, dan
              d.  tempat lensa.

                Coba kamu lakukan kegiatan sehingga dapat mengisi kolom berikut:




















             Apakah yang dapat kamu simpulkan tentang harga 1/so + l/si dibandingkan
             dengan harga l/f?
             Evaluasi, merupakan kemampuan menilai isi pelajaran untuk suatu maksud
             atau  tujuan  tertentu  (Davies,  1986:  100).  Dalam  evaluasi,  siswa  diminta
             untuk  menerapkan  pengetahuan  dan  kemampuan  yang  telah  dimiliki
             untuk menilai suatu kasus (Arikunto, 1990 : 115).
             Contoh:
             Apabila magnesium hidroksida direaksikan dengan sulfur trioksida hasilnya
             hanya garam saja, benarkah?

              Tujuan  ranah  afektif  berhubungan  dengan  hierarki  perhatian,  sikap,
          penghargaan,  nilai,  perasaan,  dan  emosi  (Davies,  1986:  97;  Jarolimek  dan
          Foster,  1981:  148).  Kratwohl,  Bloom,  dan  Masia  mengemukakan  taksonomi
          tujuan ranah afektif sebagai berikut:
          1.  Menerima,  merupakan  tingkat  terendah  tujuan  ranah  afektif  berupa
              perhatian  terhadap  stimulasi  secara  pasif  yang  meningkat  secara  lebih
              aktif  (Davies,  1986:  99).  Dalam  menerima,  siswa  diminta  untuk
              menunjukkan  kesadaran,  kesediaan  untuk  menerima,  dan  perhatian
              terkontrol/terpilih.


                                    Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 113
   115   116   117   118   119   120   121   122   123   124   125