Page 120 - Belajar & Pembelajaran
P. 120
Apabila kamu diberi beberapa alat berikut:
a. cermin cekung f = 10 cm (satu buah),
b. mistar (100 cm),
c. sumber cahaya berupa sebuah lilin, dan
d. tempat lensa.
Coba kamu lakukan kegiatan sehingga dapat mengisi kolom berikut:
Apakah yang dapat kamu simpulkan tentang harga 1/so + l/si dibandingkan
dengan harga l/f?
Evaluasi, merupakan kemampuan menilai isi pelajaran untuk suatu maksud
atau tujuan tertentu (Davies, 1986: 100). Dalam evaluasi, siswa diminta
untuk menerapkan pengetahuan dan kemampuan yang telah dimiliki
untuk menilai suatu kasus (Arikunto, 1990 : 115).
Contoh:
Apabila magnesium hidroksida direaksikan dengan sulfur trioksida hasilnya
hanya garam saja, benarkah?
Tujuan ranah afektif berhubungan dengan hierarki perhatian, sikap,
penghargaan, nilai, perasaan, dan emosi (Davies, 1986: 97; Jarolimek dan
Foster, 1981: 148). Kratwohl, Bloom, dan Masia mengemukakan taksonomi
tujuan ranah afektif sebagai berikut:
1. Menerima, merupakan tingkat terendah tujuan ranah afektif berupa
perhatian terhadap stimulasi secara pasif yang meningkat secara lebih
aktif (Davies, 1986: 99). Dalam menerima, siswa diminta untuk
menunjukkan kesadaran, kesediaan untuk menerima, dan perhatian
terkontrol/terpilih.
Konsep Dasar Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 113