Page 89 - Statistika Parametrik Panduan Praktis Pengujian Hipotesis Dalam Penelitian Kuantitatif
P. 89
BAB VIII
MENDUGA PERBEDAAN RATA-RATA 3 ATAU
LEBIH KELOMPOK POPULASI BERBEDA (µ1 = µ2 =
µ3= µ4 = ....)
8.1. Kegunaan
Analisis ini berguna untuk menduga perbedaan rata-rata pada 3 atau
lebih kelompok populasi. Misalnya kita ingin menjawab pertanyaan berikut :
Apakah ada perbedaan hasil belajar peserta didik jika ditinja u dari pola asuh
orangtuanya pada populasi peserta didik SMA se Kota Palangka Raya ?.
Dalam konteks ini, kita sebenarnya menduga perbedaan rata-rata hasil
belajar peserta didik yang diasuh orangtua dengan pola asuh Pembiaran, pola
asuh Demokratis, dan pola asuh Otoriter.
Jika seandainya rata-rata pada populasi kelompok peserta didik
yang diasuh dengan cara Pembiaran kita lambangkan dengan µ1, rata- rata
pada populasi kelompok peserta didik yang diasuh dengan cara Demokratis
kita lambangkan dengan µ2,dan rata-rata pada populasi kelompok peserta
didik yang diasuh dengan cara Otoriter kita lambangkan dengan µ3, maka
dalam konteks ini pada dasarnya kita menguji ada tidaknya perbedaan nilai
µ1 dengan nilai µ2, µ1 dengan nilai µ33,dan perbedaan nilai µ2 dengan nilai
µ3 pada populasi. Dengan kata lain, kita melakukan pengujian apakah µ1
= µ2 = µ3 ataukah µ1 ≠ µ2 ≠ µ3. Karena pengujian tersebut pada populasi,
tentu saja hal itu hanya dapat diduga melalui pengujian hipotesis.
Untuk menduga perbedaan rata-rata pada 3 atau lebih kelompok
82