Page 87 - Statistika Parametrik Panduan Praktis Pengujian Hipotesis Dalam Penelitian Kuantitatif
P. 87
Dari langkah 3 di atas diperoleh t hitung = 2,72 dan t tabel = 1,671
Maka diperoleh t hitung > t tabel, sehingga Ho ditolak, maka Ha
harus diterim a. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha
yang berbunyi Prestasi belajar IPS peserta didik yang diajarkan
menggunakan metode karyawisata lebih baik jika dibandingkan
dengan prestasi belajar IPS peserta didik yang diajarkan
menggunakan metode ceramahditerima kebenarannya.
Langkah 5 : Melakukan interpretasi
Dari beberapa langkah analisis di atas dapat disimpulkan bahwa pada
populasi, Prestasi belajar IPS peserta didik yang diajarkan menggunaka n
metode karyawisat a lebih baik jika dibandingkan dengan prestasi belajar IPS
peserta didik yang diajarkan menggunaka n metode ceramah diterima
kebenarannya. Dengan demikian, hipotesis penelitian ini
TERBUKTI KEBENARANNYA.
Jika data tersebut dianalisis dengan bantuan komputer program Excell,
maka akan diperoleh tabel hasil analisis sebagai berikut :
t-Test: Two-Sample Assuming Equal Variances
A B
Mean 71,09375 66,58065
Variance 37,7006 45,91828
Observations 32 31
Pooled Variance 41,74208
Hypothesized Mean
Difference 0
Df 61
80