Page 95 - Statistika Parametrik Panduan Praktis Pengujian Hipotesis Dalam Penelitian Kuantitatif
P. 95
1,49
F hitung = --------
- 0,92
F hitung = 1,62
Langkah 3 : Menentukan nilai F tabel pada derajat bebas (k-1; N-k-1)
dan taraf signifikansi 5%
Dari tabel F sebagaimana dalam lampiran, diperoleh nilai F tabel pada deraj
at bebas (3-1; 25-3-1) atau db (2;21) dan taraf signifikansi 5% atau α =
0,05, diperoleh nilai F tabel = 3,49
Langkah 4 : Membandingkan nilai F hitung dengan F tabel untuk
menarik Kesimpulan.
Dari langkah 3 di atas diperoleh F hitung = 1,62 dan F tabel = 3,49
Maka diperoleh F hitung < F tabel, sehingga Ho tidak ditolak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ho yang berbunyi
tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar IPA antara kelompok
anak PNS, kelompok anak Petani, dan kelompok anak swasta, atau
Ho : µ1= µ2 = µ3 dapat diterima.
Langkah 5 : Melakukan interpretasi
Dari beberapa langkah analisis di atas dapat disimpulkan bahwa, pada
populasi peseta didik SMA se Kota Palangka Raya, tidak ada perbedaan
hasil belajar IPA antara anak PNS, anak Petani, dan anak Swasta.
Jika ditinjau dari rata-rata sampel pada masing- masing kelompok, kita
88