Page 95 - Statistika Parametrik Panduan Praktis Pengujian Hipotesis Dalam Penelitian Kuantitatif
P. 95

1,49

                  F hitung = --------
                  - 0,92


                  F hitung = 1,62


                  Langkah 3 : Menentukan nilai F tabel  pada derajat  bebas (k-1; N-k-1)

                  dan taraf signifikansi 5%
                  Dari tabel F sebagaimana dalam lampiran, diperoleh nilai F tabel pada  deraj

                  at bebas (3-1; 25-3-1) atau db (2;21) dan taraf signifikansi 5% atau α =
                  0,05, diperoleh nilai F tabel = 3,49


                  Langkah 4 : Membandingkan nilai F hitung  dengan  F  tabel  untuk

                  menarik Kesimpulan.

                  Dari langkah 3 di atas diperoleh  F hitung  = 1,62 dan F tabel = 3,49
                  Maka diperoleh F hitung < F tabel, sehingga Ho tidak ditolak.

                  Dengan demikian dapat disimpulkan  bahwa  Ho  yang  berbunyi
                  tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar IPA antara kelompok

                  anak PNS, kelompok anak Petani, dan kelompok anak swasta, atau

                  Ho : µ1= µ2 = µ3 dapat  diterima.


                  Langkah  5 : Melakukan  interpretasi
                  Dari  beberapa  langkah  analisis  di  atas  dapat  disimpulkan  bahwa,  pada

                  populasi peseta didik SMA se Kota Palangka Raya, tidak ada perbedaan

                  hasil belajar IPA antara anak PNS, anak Petani, dan anak Swasta.
                  Jika ditinjau dari rata-rata sampel pada masing- masing kelompok, kita



                                                                                    88
   90   91   92   93   94   95   96   97   98   99   100