Page 96 - Statistika Parametrik Panduan Praktis Pengujian Hipotesis Dalam Penelitian Kuantitatif
P. 96

temukan bahwa :
                  ẍ1 = 48/7 = 6,86 (Anak PNS) ẍ2

                  = 66/10 = 6,60 (Anak
                  Petani) ẍ3 = 48/8 = 6,00 (Anak Swasta)


                  Dari rata-rata sampel di atas tampak bahwa ada perbedaan rata-rata hasil
                  belajar IPA antar kelompok yang dibandingkan,  akan  tetapi  perbedaan

                  itu ternyata hanya  terjadi  pada  sampel.  Dari  hasil  analisis  varian  satu

                  jalur di atas tampak bahwa pada populasi, berlaku µ1= µ2 = µ3 yang
                  berarti  bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar IPA pada  populasi

                  peserta didik. Karena target kesimpulan kita adalah pada populasi, maka
                  disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar IPA jika  ditinja u

                  dari   jenis  pekerjaan   orangtua.  Dengan  kata   lain,  hipotesis  yang
                  dirumuskan oleh peneliti TIDAK TERBUKTI KEBENARANNYA.

                  CONTOH SOAL 2

                  Ada anggapan  yang  menyatakan  bahwa  tingkat   produktivitas   kerja pada
                  suatu  masyarakat  dipengaruhi  oleh  usia.  Untuk  membuktikan  anggapan

                  tersebut, dilakukan penelitian dengan mengambil sampel acak  dari populasi
                  pekerja    di  suatu    kota  industri,    dengan    membagi    usia    ke  dalam  4

                  kelompok,   yakni  usia  21  -30 tahun  (kelompok   1),  usia  31-40 tahun
                  (kelompok  2),  usia  41-50  tahun  (kelompok  3),  dan  usia  51-60  tahun

                  (kelompok  4).  Keempat  kelompok  ini  kemudian  diukur  tingkat

                  produktivitasnya dan dinyatakan dalam  skala  10, sehingga  dihasilka n data
                  produktivitas sebagaimana tabel berikut :











                                                                                    89
   91   92   93   94   95   96   97   98   99   100   101