Page 8 - Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi
P. 8

Sedangkan  rencana  pelaksanaan  pembelajaran  (RPP)  merupakan
          penjabaran  dan  silabus  untuk  mengarahkan  kegiatan  belajar  peserta  didik
          dalam  mencapai  kompetensi  dasar.  Dalam  hal  in  setiap  guru  diwajibkan
          menyusun  rencana  pelaksanaan  pembelajaran  yang  disesuaikan  dengan
          penjadwalan di satuan pendidikan. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
          ini  kemudian  digunakan  sebagai  panduan  guru  dalam  melaksanakan  proses
          pembelajaran.
              Dalam  proses  pembelajaran,  untuk  memotivasi  peserta  didik  guru
          sebaiknya  menggunakan  metode  pembelajaran  yang  dapat  mengaktifkan
          peserta  didik  secara  menyeluruh.  Dalam  pembelajaran  dikelas  guru  harus
          dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan penuh antusias
          bagi  peserta  didik.  Dalam  kegiatan  pembelajaran  yang  menyenangkan  guru
          harus menggunakan model pembelajaran yang menarik minat belajar sehingga
          peserta didik tidak merasa bosan selama mengikuti pembelajaran.
              Guru bisa menggunakan metode ataupun model pembelajaran bervariasi,
          bisa  dikolaborasi  dengan  permainan,  kuis  untuk  menciptakan  suasana
          pembelajaran yang serius akan tetapi juga menyenangkan. Pembelajaran yang
          seperti  inilah  yang  harus  dilaksanakan  di  berbagai  jenjang  pendidikan  agar
          peserta didik mendapat basil belajar yang baik.
              Berdasarkan basil observasi pada kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 1
          Palangkaraya,  peneliti  melihat  saat  berlangsung  pembelajaran  Ekonomi
          peneliti  mengamati  aktivitas  belajar  peserta  didik  dalam  kelas  seperti  tidak
          semangat  dalam  belajar,  melihat  fenomena  yang  terjadi  di  dalam  kelas
          tersebut tentunya peserta dapat berdampak buruk pada hasil belajar peserta
          didik. Berdasar data peneliti dapatkan, hasil belajar khususnya mata pelajaran
          Ekonomi  materi  Perpajakan  pada  kelas  XI  IPA  3  SMA  Muhammadiyah  1
          Palangkaraya  perlu  ditingkatkan  lagi  karena  masih  terdapat  beberapa  siswa
          mendapat nilai di bawah kriteria ketentuan ini Minimum (KKM), dan peserta
          didik  hanya  2  peserta  didik  yang  tuntas  (11%),  dan  peserta  didik  yang  tidak
          tuntas ada 15 orang (88%).
              Salah satu upaya yang dapat digunakan untuk mengatasi fenomena yang
          terjadi  yaitu  dengan  menetapkan  metode  pembelajaran  yang  dapat
          menciptakan  suasana  belajar  yang  kondusif,  aktif,  membuat  peserta  didik
          antusias dalam memecahkan suatu Masalah, dan membuat siswa memahami
          materi pembelajaran yang disampaikan guru, salah satu model pembelajaran
          yang  dapat  diterapkan  adalah  metode  pembelajaran  Problem  Solving  yang
          mana  metode  pembelajaran  ini  dalam  pelaksanaan  bukanlah  hanya  sekedar
          berpidato  tetapi  juga  meneliti  dengan  seksama,  mencari,  menyelidiki,
          memikirkan, menganalisis, dan sampai menemukan.


                                                                   Pendahuluan | 3
   3   4   5   6   7   8   9   10   11   12   13