Page 8 - Metode Problem Solving Berbantuan Media Zoom Meeting Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi
P. 8
Sedangkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan
penjabaran dan silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik
dalam mencapai kompetensi dasar. Dalam hal in setiap guru diwajibkan
menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan
penjadwalan di satuan pendidikan. Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
ini kemudian digunakan sebagai panduan guru dalam melaksanakan proses
pembelajaran.
Dalam proses pembelajaran, untuk memotivasi peserta didik guru
sebaiknya menggunakan metode pembelajaran yang dapat mengaktifkan
peserta didik secara menyeluruh. Dalam pembelajaran dikelas guru harus
dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan penuh antusias
bagi peserta didik. Dalam kegiatan pembelajaran yang menyenangkan guru
harus menggunakan model pembelajaran yang menarik minat belajar sehingga
peserta didik tidak merasa bosan selama mengikuti pembelajaran.
Guru bisa menggunakan metode ataupun model pembelajaran bervariasi,
bisa dikolaborasi dengan permainan, kuis untuk menciptakan suasana
pembelajaran yang serius akan tetapi juga menyenangkan. Pembelajaran yang
seperti inilah yang harus dilaksanakan di berbagai jenjang pendidikan agar
peserta didik mendapat basil belajar yang baik.
Berdasarkan basil observasi pada kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 1
Palangkaraya, peneliti melihat saat berlangsung pembelajaran Ekonomi
peneliti mengamati aktivitas belajar peserta didik dalam kelas seperti tidak
semangat dalam belajar, melihat fenomena yang terjadi di dalam kelas
tersebut tentunya peserta dapat berdampak buruk pada hasil belajar peserta
didik. Berdasar data peneliti dapatkan, hasil belajar khususnya mata pelajaran
Ekonomi materi Perpajakan pada kelas XI IPA 3 SMA Muhammadiyah 1
Palangkaraya perlu ditingkatkan lagi karena masih terdapat beberapa siswa
mendapat nilai di bawah kriteria ketentuan ini Minimum (KKM), dan peserta
didik hanya 2 peserta didik yang tuntas (11%), dan peserta didik yang tidak
tuntas ada 15 orang (88%).
Salah satu upaya yang dapat digunakan untuk mengatasi fenomena yang
terjadi yaitu dengan menetapkan metode pembelajaran yang dapat
menciptakan suasana belajar yang kondusif, aktif, membuat peserta didik
antusias dalam memecahkan suatu Masalah, dan membuat siswa memahami
materi pembelajaran yang disampaikan guru, salah satu model pembelajaran
yang dapat diterapkan adalah metode pembelajaran Problem Solving yang
mana metode pembelajaran ini dalam pelaksanaan bukanlah hanya sekedar
berpidato tetapi juga meneliti dengan seksama, mencari, menyelidiki,
memikirkan, menganalisis, dan sampai menemukan.
Pendahuluan | 3