Page 5 - Evaluasi Pembelajaran
P. 5
analisis baru yang mengakibatkan berkembangnya teori dan
praktis evaluasi pembelajaran.
Ketiga, berubahnya keadaan di lingkungan di mana
evaluasi dilaksanakan. Perubahan keadaan dianggap sebagai
faktor yang berpengaruh terhadap hasil evaluasi. Hal ini
membutuhkan teori dan praktik-praktik evaluasi yang lebih
kontemporer.
Perubahan dalam teori dan praktik evaluasi pembelajaran,
juga menimbulkan kebutuhan terus menerus terhadap buku
yang membahas tentang evaluasi tersebut. Dalam buku ini
dibahas tentang makna evaluasi, yang di dalamnya
mengandung makna pengukuran dan penilaian. Pandangan
masyarakat yang menyamakan antara pengukuran dan
penilaian harus diluruskan. Demikian pula halnya tentang
perbedaan skor dengan nilai. Pendekatan-pendekatan yang
umumnya digunakan dalam mengukur dan menilai, serta
bagaimana caranya merubah skor menjadi nilai, juga dibahas
dalam buku ini. Selain itu, juga dibahas tentang pentingnya
menyusun instrumen pengukuran yang handal, dan
bagaimana cara memperolehnya. Pendekatan yang digunakan
dalam pengukuran hasil pembelajaran pada buku ini, masih
menggunakan teori skor klasik. Hal ini digunakan dengan
alasan kepraktisan dan kegunaannya bagi para evaluator
pemula.
Akhirnya, dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya,
buku ini diharapkan bermanfaat untuk menambah wawasan
dan keterampilan baru kepada para evaluator dalam
melaksanakan evaluasi pembelajarn di kelas. Semoga
bermanfaat.
Palangka Raya, September 2021
Penulis,
Bulkani
iv