Page 127 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 127
dilaksanakan diluar jam pelajaran sekolah yang dalam penelitian ini
disebut dengan model pembelajaran Kwu-Kop. Model pembelajaran
Kwu-Kop adalah sebuah model pembelajaran kewirausahaan SMK
dengan memanfaatkan Koperasi sekolah sebagai medianya.
Kesimpulan
Tingkat kevalidan model terlihat dari penilaian validator
menyatakan bahwa model pembelajaran Kwu-Kop beserta
perangkatnya dirancang atas dasar landasan berpikir yang rasional
dan didukung dengan teori yang relevan. Analisis tingkat
keterlaksanaan model diukur dari tingkat keterlaksanaan tahapan-
tahapan pembelajaran yang secara keseluruhan memenuhi kriteria
baik. Sedangkan analisis tingkat keefektifan model menunjukkan
bahwa model pembelajaran Kwu-Kop memenuhi kriteria efektif. Hal
ini bisa dilihat dari: (a) Siswa dan guru memberikan respon positif
terhadap penerapan model pembelajaran Kwu-Kop; (b) Siswa
memperlihatkan perubahan sikap dan motivasi belajar yang lebih
baik dan meningkat; (c) Meningkatnya produktivitas/semangat
berwirausaha bagi siswa.
Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran Kwu-Kop efektif dipergunakan dan dapat berfungsi
dengan baik untuk menumbuhkan keterampilan berwirausaha siswa
SMK. Hal ini dapat dilhat dari hasil pembahasan data keefektifan
dan data keterlaksanaan, baik pada ujicoba terbatas maupun pada
ujicoba diperluas.
Refleksi
Anda diinta untuk mempraktikan tahapan model pembelajaran Kwu-
Kop secara mandiri di kelas.
118