Page 127 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 127

dilaksanakan diluar jam pelajaran sekolah yang dalam penelitian ini
                           disebut dengan model pembelajaran Kwu-Kop. Model pembelajaran
                           Kwu-Kop adalah sebuah model pembelajaran kewirausahaan SMK
                           dengan memanfaatkan Koperasi sekolah sebagai medianya.

                           Kesimpulan

                                Tingkat  kevalidan  model  terlihat  dari  penilaian  validator
                           menyatakan  bahwa  model  pembelajaran  Kwu-Kop  beserta
                           perangkatnya dirancang atas dasar landasan berpikir yang rasional
                           dan  didukung  dengan  teori  yang  relevan.  Analisis  tingkat
                           keterlaksanaan model  diukur  dari  tingkat  keterlaksanaan  tahapan-
                           tahapan pembelajaran yang secara keseluruhan memenuhi kriteria
                           baik.  Sedangkan  analisis  tingkat  keefektifan  model  menunjukkan
                           bahwa model pembelajaran Kwu-Kop memenuhi kriteria efektif. Hal
                           ini bisa dilihat dari: (a) Siswa dan guru memberikan respon  positif
                           terhadap  penerapan  model  pembelajaran  Kwu-Kop;  (b)  Siswa
                           memperlihatkan  perubahan  sikap  dan  motivasi  belajar  yang  lebih
                           baik  dan    meningkat;  (c)  Meningkatnya  produktivitas/semangat
                           berwirausaha bagi siswa.
                                Secara  keseluruhan  dapat  disimpulkan  bahwa  model
                           pembelajaran  Kwu-Kop efektif    dipergunakan  dan  dapat berfungsi
                           dengan baik untuk menumbuhkan keterampilan berwirausaha siswa
                           SMK.  Hal  ini  dapat  dilhat  dari  hasil  pembahasan  data  keefektifan
                           dan data keterlaksanaan, baik pada ujicoba terbatas maupun pada
                           ujicoba diperluas.

                           Refleksi
                           Anda diinta untuk mempraktikan tahapan model pembelajaran Kwu-
                           Kop secara mandiri di kelas.







                           118
   122   123   124   125   126   127   128   129   130   131   132