Page 125 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 125

pembelajaran  (RPP),  sehingga  guru  akan  mudah  untuk
                                  memahami model yang akan dikembangkan.
                              4)  Job  Sheet/Lembar  Kerja  supaya  menyesuaikan  dengan
                                  substansi model yang akan dikembangkan, yaitu Koperasi.
                              5)  Rubrik  penskoran  unjuk kerja  siswa  perlu  disederhanakan,
                                  supaya mudah dilaksanakan oleh guru.

                           b.  Revisi Setelah Ujicoba
                              1)  Model    pembelajaran     yang    dikembangkan      supaya
                                  menggunakan  metode-metode  yang  mampu  meminimalisir
                                  penggunaan  waktu,  mengingat  model  ini  diberikan  untuk
                                  siswa  kelas  XII  yang  sebagian  waktunya  lebih  banyak
                                  digunakan untuk persiapan menghadapi UNAS. Pemberian
                                  tugas baik secara mandiri dan berkelompok sebagai bentuk
                                  pengayaan akan lebih efektif.
                              2)  Model ini juga agar tetap menggunakan proses tatap muka
                                  di  kelas,  hal  ini  untuk  mematangkan  persiapan  sebelum
                                  praktik  lapangan,  presentasi  hasil      dari  lapangan  dan
                                  pemberian umpan balik dari guru pembimbing.
                              3)  Guru  sebagai  pembimbing  agar  siap  setiap  saat  dan
                                  bersedia  menyiapkan  waktu,  apabila  ada  siswa  yang  mau
                                  bimbingan    berkaiatan    dengan    pelaksanaan     model
                                  pembelajaran Kwu-Kop.
                              4)  Penyelesaian laporan diselesaikan pada saat siswa selesai
                                  melaksanakan  praktik  lapangan  yang  pertama,  sebelum
                                  siswa  melaksanakan  praktik  lapangan  berikutnya.  Hal  ini
                                  bisa  dikerjakan  secara  bersama-sama  disekolah  dengan
                                  dibawah  pengawasan  guru  pembimbing,  kalau  belum
                                  selesai bisa dilanjutkan dirumah.
                              5)  Pemberian    nilai   akhir   pada   siswa   supaya    lebih
                                  memperhatikan  dan  menitik  beratkan  pada  aspek
                                  psikomotor/produktivitas.




                           116
   120   121   122   123   124   125   126   127   128   129   130