Page 121 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 121
3.
3. 5
3. 4
3. 3
3. 2
Skor 1 3 U
Rerata
2. P
2. 9
8 1 2 3
Penilaian -
Ke
Gambar 7.7
Grafik Garis Pengamatan Perilaku Siswa pada UP
Berdasarkan hasil analisis data sebagaimana yang telah
diuraikan di atas, maka dapat dideskripsikan bahwa setelah
dilakukan dua kali ujicoba yaitu, ujicoba terbatas (UT) maupun
ujicoba diperluas(UP), maka model pembelajaran Kwu-Kop tersebut
dinyatakan memenuhi kriteria model pembelajaran yang efektif,
sebagaimana kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan
demikian model pembelajaran Kwu-Kop tidak perlu dilakukan
ujicoba lagi, atau dengan kata lain bahwa model pembelajaran
Kwu-Kop efektif untuk dipergunakan di SMK Kelompok Bisnis dan
Manajemen.
2) Keterlaksanaan Model Kwu-Kop
Pada ujicoba sebelumnya dikatakan bahwa analisis
kepraktisan model pembelajaran Kwu-Kop adalah pada tingkat
keterlaksanaan terhadap tahap-tahap pembelajaran. Kegiatan
pengamatan dilasanakan sebnyak 3 kali, dan hasil analisis data
keterlaksanaan model pembelajaran Kwu-Kop disajikan pada Tabel
7.8 di atas. Untuk menjamin tingkat reliabilitas hasil pengamatan
112