Page 118 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 118
a) Keefektifan Model Dilihat Dari Respon Guru dan Siswa
Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Kwu-Kop
Penilaian keefektifan model salah satu indikatornya adalah
hasil dari angket respon siswa dan angket respon guru terhadap
penerapan model pembelajaran Kwu-Kop. Aspek yang dinilai
meliputi: (a) Validitas; (b) Reliabilitas; (c) Objektivitas; dan (d)
Kepraktisan. Hasil analisis dideskripsikan bahwa secara umum guru
dan siswa memberikan respon positif terhadap penerapan model
pembelajaran Kwu-Kop, dan analisis hasil selengkapnya dapat
dilihat pada Tabel 7.20, dan secara grafis dapat dilihat pada
Gambar 7.5 di bawah ini:
Tabel 7.20
Data Keefektifan Model (Respon Guru dan Siswa) pada UD
Aspek yang dinilai Rata-rata Hasil Penilaian Rata-rata
Guru Siswa
Validitas 3,75 4,00 3,88
Reliabilitas 3,50 3,50 3,50
Objektifitas 3,80 3,80 3,80
Kepraktisan 3,67 4,00 3,84
Jumlah 3,68 3,83 3,75
Ket: 3,26 ≤ M ≤ 4,00 Kategori Dapat digunakan tanpa revisi
2,51 ≤ M ≤ 3,25 Kategori Dapat digunakan dengan revisi
kecil
1,76 ≤ M ≤ 2,50 Kategori Dapat digunakan dengan revisi
besar
1,00 ≤ M ≤ 1,75 Kategori Tidak dapat digunakan
109