Page 118 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 118

a) Keefektifan  Model  Dilihat  Dari  Respon  Guru  dan  Siswa
               Terhadap Penerapan Model Pembelajaran Kwu-Kop
                  Penilaian  keefektifan  model  salah  satu  indikatornya  adalah
            hasil  dari  angket  respon  siswa  dan  angket  respon  guru  terhadap
            penerapan  model  pembelajaran  Kwu-Kop.  Aspek  yang  dinilai
            meliputi:  (a)  Validitas;  (b)  Reliabilitas;  (c)  Objektivitas;  dan  (d)
            Kepraktisan. Hasil analisis dideskripsikan bahwa secara umum guru
            dan  siswa  memberikan  respon  positif  terhadap  penerapan  model
            pembelajaran  Kwu-Kop,  dan  analisis  hasil  selengkapnya  dapat
            dilihat  pada  Tabel  7.20,  dan  secara  grafis  dapat  dilihat  pada
            Gambar 7.5 di bawah ini:

                                        Tabel 7.20
                Data Keefektifan Model (Respon Guru dan Siswa) pada UD
               Aspek yang dinilai    Rata-rata Hasil Penilaian     Rata-rata
                                      Guru           Siswa
             Validitas                 3,75           4,00            3,88
             Reliabilitas              3,50           3,50            3,50
             Objektifitas              3,80           3,80            3,80
             Kepraktisan               3,67           4,00            3,84
                    Jumlah             3,68           3,83            3,75


            Ket:  3,26  ≤  M  ≤  4,00   Kategori  Dapat digunakan tanpa revisi
                      2,51  ≤  M  ≤  3,25   Kategori  Dapat digunakan dengan revisi
            kecil
                      1,76  ≤  M  ≤  2,50   Kategori  Dapat digunakan dengan revisi
            besar
                         1,00  ≤  M  ≤  1,75   Kategori  Tidak dapat digunakan












                                                                           109
   113   114   115   116   117   118   119   120   121   122   123