Page 115 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 115
Gambar 7.3
Grafik Garis Data Pengamatan Aktivitas Guru pada UT
Dari Gambar 7.3 hasil analisis data pengamatan aktivitas guru
dalam proses pembelajaran yang diamati sebanyak 3 (tiga) kali,
ternyata guru dalam membimbing dan mengawasi proses
pembelajaran hampir mendekati optimal dalam mengikuti sekenario
seperti yang sudah ditetapkan dalam Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP), dan secara umum dikatakan bahwa aktivitas
guru selama dalam proses pembelajaran dalam kriteria baik.
Seluruh kegiatan atau aktivitas siswa selama proses
pembelajaran berlangsung disebut dengan perilaku siswa. Indikator
yang dijadikan penilaian perilaku siswa selama proses
pembelajaran berlangsung adalah: (a) Siswa mendengarkan
penjelasan dari guru; (b) Siswa mencatat hal-hal penting yang
dijelaskan oleh guru; (c) Apabila ada hal yang kurang jelas siswa
bertanya kepada guru; (d) Apabila ditanya oleh guru siswa
menjawabnya dengan sungguh-sungguh; (e) Siswa berani
mengemukakan pendapatnya kepada guru; dan (f) Siswa antusias
dan konsentrasi dalam mengikuti pembelajaran. Kriteria penilaian
yang digunakan dalam penilaian perilaku siswa yaitu: 1 = Kurang
Sekali, 2 = Kurang, 3 = Baik, dan 4 = Baik Sekali. Hasil dari analisis
data pengamatan perilaku siswa dapat dilihat pada Tabel 7.7, dan
106