Page 119 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 119
Gambar 7.5
Diagram Batang Data Keefektifan Model (Respon Siswa dan Guru)
pada UP
Seperti yang dilihat pada Tabel 7.20 di atas dan Gambar 7.5,
bahwa penilaian guru dan siswa terhadap penerapan model
pembelajaran Kwu-Kop pada ujicoba diperluas ini menunjukkan
bahwa model pembelajaran Kwu-Kop efektif. Jadi hasil penilaian
guru dan siswa, baik pada ujicoba terbatas (UT) maupun pada
ujicoba diperluas (UP) terhadap penerapan model adalah efektif.
b) Keefektifan Model Pembelajaran Kwu-Kop Dilihat Dari
Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran
Peningkatan proses pembelajaran ditandai dengan
meningkatnya aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
Penilaian terhadap aktivitas guru dan penilaian terhadap perilaku
siswa dalam proses pembelajaran dilaksanakan sebanyak 3 (tiga)
kali. Hasil pengamatan aktivitas guru dan perilaku siswa dalam
proses pembelajaran yang telah disajikan pada Tabel 7. 20 di atas
menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam proses pembelajaran
masuk dalam kategori baik. Kemudian dari hasil analisis data
110