Page 119 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 119

Gambar 7.5
                           Diagram Batang Data Keefektifan Model (Respon Siswa dan Guru)
                                                       pada UP

                                Seperti yang dilihat pada Tabel 7.20 di atas dan Gambar 7.5,
                           bahwa  penilaian  guru  dan  siswa  terhadap  penerapan  model
                           pembelajaran  Kwu-Kop  pada  ujicoba  diperluas  ini  menunjukkan
                           bahwa  model  pembelajaran  Kwu-Kop  efektif.  Jadi  hasil  penilaian
                           guru  dan  siswa,  baik  pada  ujicoba  terbatas  (UT)  maupun  pada
                           ujicoba diperluas (UP) terhadap penerapan model adalah efektif.

                           b)  Keefektifan  Model  Pembelajaran  Kwu-Kop  Dilihat  Dari
                               Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran

                                Peningkatan     proses    pembelajaran    ditandai    dengan
                           meningkatnya aktivitas guru dan siswa dalam proses pembelajaran.
                           Penilaian  terhadap  aktivitas  guru  dan  penilaian  terhadap  perilaku
                           siswa dalam proses pembelajaran dilaksanakan sebanyak 3 (tiga)
                           kali.  Hasil  pengamatan  aktivitas  guru  dan  perilaku  siswa  dalam
                           proses pembelajaran yang telah disajikan pada Tabel 7. 20 di atas
                           menunjukkan  bahwa  aktivitas  guru  dalam  proses  pembelajaran
                           masuk  dalam  kategori  baik.  Kemudian  dari  hasil  analisis  data



                           110
   114   115   116   117   118   119   120   121   122   123   124