Page 114 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 114
Dari hasil pengamatan keterlaksanaan model pembelajaran Kwu-
Kop ini menunjukkan bahwa kedua pengamat memiliki persepsi
dan pemahaman yang sama, yaitu bahwa keterlaksanaan model
pembelajaran Kwu-Kop telah terlaksana dengan baik sesuai
dengan apa yang diharapkan.
4) Data Pengamatan Aktivitas Guru dan Perilaku Siswa
Seluruh kegiatan guru selama proses pembelajaran
berlangsung disebut dengan aktivitas guru. Kegiatan pengamatan
dengan melihat pentahapan dalam Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) yang telah dirancang. Hasil pengamatan
aktivitas dalam proses pembelajaran ini dilakukan sebanyak 3 (tiga)
kali dengan 1 (satu) orang guru kewirausahaan. Aktivitas guru yang
diamati yaitu: (a) Apakah guru dalam melaksanakan proses
pembelajaran sesuai dengan petunjuk yang ada pada buku
panduan Model; (b) Apakah guru dalam melaksanakan proses
pembelajaran sesuai dengan sekenario yang ada dalam Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); (c) Apakah guru dalam
melaksanakan proses pembelajaran berfungsi baik sebagai
fasilitator; (d) Apakah guru dalam melaksanakan proses
pembelajaran selalu menjaga kondisi kelas supaya kondusif; dan
(e) Apakah guru dalam melaksanakan proses pembelajaran selalu
memberikan motivasi kepada siswa untuk belajar yang lebih baik.
Hasil aktivitas guru dalam melaksanakan proses pembelajaran
pada ujicoba terbatas, seperti yang disajikan pada Tabel 7.7 di atas
menunjukkan bahwa aktivitas guru dalam melaksanakan proses
pembelajaran termasuk dalam kriteria baik. Dan secara grafis
analisis data aktivitas guru selama melaksanakan proses
pembelajaran dapat digambarkan seperti pada Gambar 7.3
dibawah ini:
105