Page 114 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 114

Dari  hasil  pengamatan  keterlaksanaan  model  pembelajaran  Kwu-
            Kop  ini  menunjukkan   bahwa  kedua  pengamat  memiliki  persepsi
            dan  pemahaman  yang  sama,  yaitu  bahwa  keterlaksanaan  model
            pembelajaran  Kwu-Kop  telah  terlaksana  dengan  baik  sesuai
            dengan apa yang diharapkan.

            4)  Data Pengamatan Aktivitas Guru dan Perilaku Siswa
                    Seluruh  kegiatan  guru  selama  proses  pembelajaran
            berlangsung  disebut  dengan  aktivitas  guru.  Kegiatan  pengamatan
            dengan  melihat  pentahapan  dalam  Rencana  Pelaksanaan
            Pembelajaran  (RPP)  yang  telah  dirancang.  Hasil  pengamatan
            aktivitas dalam proses pembelajaran ini dilakukan sebanyak 3 (tiga)
            kali dengan 1 (satu) orang guru kewirausahaan. Aktivitas guru yang
            diamati  yaitu:  (a)  Apakah  guru  dalam  melaksanakan  proses
            pembelajaran  sesuai  dengan  petunjuk  yang  ada  pada  buku
            panduan  Model;  (b)  Apakah  guru  dalam  melaksanakan  proses
            pembelajaran sesuai dengan sekenario yang ada dalam Rencana
            Pelaksanaan  Pembelajaran  (RPP);  (c)  Apakah  guru  dalam
            melaksanakan  proses  pembelajaran  berfungsi  baik  sebagai
            fasilitator;  (d)  Apakah  guru  dalam  melaksanakan  proses
            pembelajaran  selalu  menjaga  kondisi  kelas  supaya  kondusif;  dan
            (e) Apakah guru dalam melaksanakan proses pembelajaran selalu
            memberikan motivasi kepada siswa untuk belajar yang lebih baik.
            Hasil  aktivitas  guru  dalam  melaksanakan  proses  pembelajaran
            pada ujicoba terbatas, seperti yang disajikan pada Tabel 7.7 di atas
            menunjukkan  bahwa  aktivitas  guru  dalam  melaksanakan  proses
            pembelajaran  termasuk  dalam  kriteria  baik.  Dan  secara  grafis
            analisis  data  aktivitas  guru  selama  melaksanakan  proses
            pembelajaran  dapat  digambarkan  seperti  pada  Gambar  7.3
            dibawah ini:






                                                                           105
   109   110   111   112   113   114   115   116   117   118   119