Page 109 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 109
dengan perangkatnya (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Modul
Pembelajaran, job sheet, dan alat Evaluasi).
Model pembelajaran Kwu-Kop ini dilaksanakan pada kelas XII
semester 1 (satu) program studi Pemasaran pada SMKN-2
Palangkaraya Kelompok Bisnis dan Manajemen. Guru mengajar
sesuai dengan skenario apa yang ada pada Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) dan sebagai pendukung dan referensinya
menggunakan modul pembelajaran yang sudah dibagikan. Dalam
proses pembelajaran ini, peneliti dibantu oleh 2 (dua) orang
pengamat (Kepala Sekolah dan Waka bidang Kurikulum), untuk
mengamati keterlaksanaan model, aktivitas guru dalam mengajar,
aktivitas siswa dalam pembelajaran sesuai dengan instrumen-
instrumen yang telah dibagikan.
Berdasarkan pelaksanaan pada ujicoba terbatas ini, maka
dapat dideskripsikan hasil pengembangan sebagai berikut:
1) Data Penilaian Buku Panduan dan Perangkat
Pembelajaran Setelah Ujicoba Terbatas (Stlh-UT)
Penilaian dilakukan oleh guru kewirausahaan
sebagai praktisi di lapangan, hasil penilaian Buku Panduan
Model Pembelajaran Kwu-Kop beserta perangkatnya dapat
dilihat berturut-turut pada Tabel 7.13, 7.14, 7.15, 7.16, dan
Tabel 7.16.
Tabel 7.13
Data Penilaian Buku Panduan Model Setelah UT
Komponen yang dinilai Frikuensi Nilai Kriteria
1 2 3 4
Teori Pendukung (2 butir) 0 0 1 3 B Sekali
Prinsip Pengembangan Model (6 butir) 0 0 6 6 Baik
Pedoman Penggunaan Model (2 butir) 0 0 3 1 Baik
Prosedur Pelaksanaan Model (5 butir) 0 0 3 7 B Sekali
Pedoman Penilaian Hasil Belajar 0 0 3 3 Baik
Siswa (3)
Rerata Total Nilai 3,54 B Sekali
Penilaian Umum Model Kwu-Kop Dapat digunakan dengan revisi kecil
100