Page 109 - Model Pembelajaran Kwu-Kop
P. 109

dengan perangkatnya (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Modul
                           Pembelajaran, job sheet, dan alat Evaluasi).
                                Model pembelajaran Kwu-Kop ini dilaksanakan pada kelas XII
                           semester  1  (satu)  program  studi  Pemasaran  pada  SMKN-2
                           Palangkaraya  Kelompok  Bisnis  dan  Manajemen.  Guru  mengajar
                           sesuai dengan skenario apa yang ada pada Rencana Pelaksanaan
                           Pembelajaran  (RPP)  dan  sebagai  pendukung  dan  referensinya
                           menggunakan  modul  pembelajaran  yang  sudah  dibagikan.  Dalam
                           proses  pembelajaran  ini,  peneliti  dibantu  oleh  2  (dua)  orang
                           pengamat  (Kepala  Sekolah  dan  Waka  bidang  Kurikulum),  untuk
                           mengamati  keterlaksanaan model,  aktivitas  guru  dalam mengajar,
                           aktivitas  siswa  dalam  pembelajaran  sesuai  dengan  instrumen-
                           instrumen yang telah dibagikan.
                                Berdasarkan  pelaksanaan  pada  ujicoba  terbatas  ini,  maka
                           dapat dideskripsikan hasil pengembangan sebagai berikut:

                              1)  Data   Penilaian    Buku     Panduan     dan    Perangkat
                                  Pembelajaran Setelah Ujicoba Terbatas (Stlh-UT)
                                         Penilaian  dilakukan  oleh  guru  kewirausahaan
                                  sebagai praktisi di lapangan, hasil penilaian Buku Panduan
                                  Model Pembelajaran Kwu-Kop beserta perangkatnya dapat
                                  dilihat berturut-turut pada Tabel 7.13, 7.14, 7.15, 7.16, dan
                                  Tabel 7.16.
                                                      Tabel 7.13
                                    Data Penilaian Buku Panduan Model Setelah UT
                                Komponen yang dinilai            Frikuensi Nilai     Kriteria
                                                             1     2     3      4
                           Teori Pendukung (2 butir)         0     0     1      3    B Sekali
                           Prinsip Pengembangan Model (6 butir)   0   0   6     6      Baik
                           Pedoman Penggunaan Model (2 butir)   0   0    3      1      Baik
                           Prosedur Pelaksanaan Model (5 butir)   0   0   3     7    B Sekali
                           Pedoman Penilaian Hasil Belajar   0     0     3      3      Baik
                           Siswa (3)
                                   Rerata Total Nilai                3,54             B Sekali
                            Penilaian Umum Model Kwu-Kop     Dapat digunakan dengan revisi kecil



                           100
   104   105   106   107   108   109   110   111   112   113   114